Swiss akan Gelar Referendum Soal Larangan Pendanaan pada Produsen Senjata

Senin, 23 November 2020 - 21:12 WIB
loading...
Swiss akan Gelar Referendum Soal Larangan Pendanaan pada Produsen Senjata
Masyarakat Swiss dilaporkan akan menggelar referendum untuk memutuskan apakah negara itu akan mengizinkan pendanaan terhadap produsen senjata atau tidak. Foto/REUTERS
A A A
BERN - Masyarakat Swiss dilaporkan akan menggelar referendum untuk memutuskan apakah negara itu akan mengizinkan pendanaan terhadap produsen senjata atau tidak. Ini adalah referendum anti-militer terbaru di negara netral yang belum pernah berperang dalam perang eksternal selama 200 tahun.

Menurut sebuah studi oleh peneliti independen, Profundo, sejumlah bank Swiss telah memberikan pinjaman dan memiliki saham senilai hampir USD 11 miliar di perusahaan pembuat senjata dan alat-alat militer seperti Lockheed Martin, Northrop Grumman, dan General Dynamics.

Bank Nasional Swiss (SNB), UBS dan Credit Suisse, menurut studi tersebut, memiliki eksposur terbesar. ( )

Sementara itu, SNB mengatakan menentang inisiatif tersebut, yang dikatakan akan menciptakan ketidakpastian hukum dan merusak independensi bank sentral. UBS juga menolaknya, dengan mengatakan tidak secara langsung atau tidak langsung mendanai senjata yang sudah dilarang di Swiss.

Credit Suisse, atau Asosiasi Bankir Swiss mengatakan inisiatif tersebut akan melemahkan Swiss sebagai lokasi bisnis dan tidak perlu membatasi SNB, dana pensiun, bank, dan perusahaan asuransi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)