30 Tahun Ditutup, Perbatasan Irak-Arab Saudi Kembali Dibuka

Kamis, 19 November 2020 - 12:21 WIB
loading...
30 Tahun Ditutup, Perbatasan Irak-Arab Saudi Kembali Dibuka
Perbatasan Irak-Arab Saudi kembali dibuka setelah ditutup selama 30 tahun. Foto/Al Araby
A A A
BAGHDAD - Irak dan Arab Saudi membuka kembali penyeberangan gurun Arar pada Rabu kemarin. Pembukaan perbatasan ini menandai hubungan perdagangan yang lebih dekat yang telah lama ditunggu-tunggu setelah 30 tahun ditutup.

Para pejabat tinggi termasuk Menteri Dalam Negeri Irak dan Kepala Komisi perbatasannya melakukan perjalanan dari Baghdad untuk secara resmi membuka perbatasan Arar, di mana barisan truk kargo berdiri menunggu.

Duta Besar Arab Saudi untuk Irak juga hadir dan delegasi dari Riyadh akan membuka sisi perbatasan Saudi.



Arar akan terbuka untuk barang dan orang untuk pertama kalinya sejak Riyadh memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Baghdad pada 1990, setelah invasi mantan diktator Irak Saddam Hussein ke Kuwait.

Hubungan tetap membeku sejak saat itu, tetapi Perdana Menteri Irak saat ini Mustafa al-Kadhemi memiliki hubungan pribadi yang dekat dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Kadhemi akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi yang menjadi perjalanan luar negeri pertamanya sebagai perdana menteri pada Mei. Tetapi kunjungan itu dibatalkan pada menit-menit terakhir ketika Raja Arab Saudi Salman dirawat di rumah sakit.

Hingga saat ini sia belum melakukan perjalanan, meskipun para menteri Irak telah mengunjungi Riyadh untuk bertemu dengan rekan-rekan mereka dan delegasi tingkat atas Arab Saudi melakukan perjalanan ke Baghdad minggu lalu.

Bagdad melihat Arar sebagai alternatif potensial untuk penyeberangannya dengan tetangga timur Iran, yang melaluinya Irak membawa sebagian besar impornya.

Tetapi faksi-faksi pro-Iran di Irak, yang menyebut diri mereka "Perlawanan Islam", telah berdiri teguh menentang hubungan yang lebih dekat dengan Arab Saudi.(Baca juga: Saudi: G20 Miliki Peran Penting Dalam Menjaga Bumi )

Menjelang pembukaan Arar, salah satu kelompok yang mengidentifikasi dirinya sebagai Ashab al-Kahf menerbitkan sebuah pernyataan yang mengumumkan "penolakannya terhadap proyek Saudi di Irak".

"Kader intelijen dari mujahidin mengikuti semua rincian aktivitas musuh Saudi di perbatasan Irak," kelompok itu memperingatkan seperti dikutip dari Al Araby, Kamis 19/11/2020).

Berbicara kepada wartawan pada Selasa malam, Kadhemi membalas mereka yang menggambarkan pemulihan hubungan sebagai "kolonialisme" Saudi.

"Ini bohong. Memalukan," tegasnya.(Baca juga: AS Kembali ke JCPOA, Pangeran Saudi: Jangan Ulangi Kesalahan yang Sama )

"Biarkan mereka berinvestasi. Selamat datang di Irak," Kadhemi menambahkan, mengatakan investasi Saudi dapat membawa membanjiri Irak dengan pekerjaan baru di mana lebih dari sepertiga pemuda menganggur.

Hubungan Arab Saudi dan Irak tidak banyak berkembang setelah Saddam Hussein digulingkan dalam invasi pimpinan AS tahun 2003. Riyadh mencurigai kelas politik baru Irak yang didominasi oleh Irak karena hubungan mereka dengan Iran.

Hubungan itu mulai mencair pada 2017 ketika Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir melakukan perjalanan ke Baghdad - kunjungan pertama dalam beberapa dekade - diikuti oleh perjalanan ke Riyadh oleh Perdana Menteri Irak saat itu Haider al-Abadi.

Penerbangan komersial pertama dilanjutkan antara kedua negara dan para pejabat mulai membahas Arar, dengan diplomat terkenal Amerika Serikat (AS) Brett McGurk bahkan mengunjungi penyeberangan itu pada 2017 untuk mendukung pembukaan kembali.

Tetapi rencana itu berulang kali ditunda, dengan Arar hanya dibuka pada kesempatan langka untuk memungkinkan warga Irak menuju Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Irak adalah produsen terbesar kedua dalam kartel minyak OPEC, hanya mengungguli Arab Saudi.(Baca juga: Raja Salman Serukan Dunia Akui Iran sebagai Negara Sponsor Terorisme )

Infrastruktur minyak, gas, dan listriknya sudah sangat usang dan tidak efisien, tetapi harga minyak yang rendah tahun ini telah menghalangi upaya untuk memperbaikinya.

Baghdad juga terkenal lamban dalam mengaktifkan investasi eksternal, dengan perusahaan internasional dan negara-negara asing mengeluh bahwa korupsi yang merajalela menghambat lebih banyak investasi.

Pemerintah Kadhemi telah berusaha untuk mempercepat investasi asing termasuk dukungan Saudi untuk energi dan pertanian.

Dalam perjalanannya ke Washington musim panas ini, dia menyetujui setengah lusin proyek yang akan menggunakan dana Saudi untuk membiayai perusahaan energi AS.

Tahun lalu, Irak menandatangani kesepakatan untuk menyambungkan jaringan listrik Dewan Kerjasama Teluk dan menambahkan hingga 500 MW listrik ke sektor kelistrikannya yang bobrok.

Kesepakatan itu juga telah dikritik oleh faksi pro-Iran di Irak.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)