AS Bakal Miliki Kapal Selam Baru dengan Senjata Nuklir yang Menghancurkan

Kamis, 12 November 2020 - 04:49 WIB
loading...
AS Bakal Miliki Kapal Selam Baru dengan Senjata Nuklir yang Menghancurkan
Sebuah kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah memesan beberapa kapal selam baru senilai USD9,4 miliar. Kapal-kapal selam itu akan dilengkapi dengan rudal balistik berhulu ledak nuklir yang menghancurkan.

Pesanan itu mencakup USS Columbia, kapal utama di antara kapal selam kelas Columbia. Selain itu ada juga kapal selam USS Wisconsin.

Kapal selam kelas Columbia akan menggantikan kapal selam kelas Ohio yang sudah tua dalam triad nuklir AS, dengan masing-masing kapal selam mampu merespon serangan mendadak dengan serangan balasan termonuklir yang menghancurkan. (Baca: NATO Serukan Dunia Singkirkan Bom Nuklir, tapi Tidak untuk Anggotanya )

Kontrak pembuatan beberapa kapal selam baru AS ini diberikan kepada General Dynamics Electric Boat. Kapal-kapal selam kelas Columbia akan siap untuk patroli pencegahan nuklir pertamanya pada tahun 2031.

Angkatan Laut AS berencana untuk mengganti 14 kapal selam rudal balistik kelas Ohio yang ada—yang dikirim antara tahun 1981 hingga 1997—dengan 12 kapal kelas Columbia.

Angkatan Laut, menurut laporan Defense One Kamis (12/11/2020), mengharapkan kapal selam tersebut masing-masing bertahan antara 40 hingga 50 tahun, dan armada tersebut berlayar hingga tahun 2080-an.

Setiap kapal selam kelas Columbia akan dipersenjatai dengan hingga 16 rudal balistik Trident D-5. Trident D-5 adalah rudal berbahan bakar roket padat dengan jangkauan 4.600 mil, dan mampu membawa hingga 14 hulu ledak termonuklir W-76-1, yang masing-masing memiliki daya penghancur enam kali lebih besar dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Trident D-5 yang melaut di kapal selam kelas Ohio saat ini mengemas antara empat dan lima hulu ledak W-76-1 atau satu hulu ledak W-76-2 berkekuatan 5 kiloton.

Dengan asumsi setiap kapal selam kelas Colombia membawa 14 unit rudal Trident D-5 yang dilengkapi dengan lima hulu ledak nuklir berdaya ledak besar dan dua rudal Trident D-5 dengan hulu ledak nuklir berdaya lebih rendah, satu kapal dapat membawa lebih dari enam megaton senjata nuklir atau setara dengan 6.310.000 ton TNT.

Kapal selam yang dilengkapi dengan Trident D-5 mewakili kaki triad nuklir Amerika yang berbasis di laut. Triad nuklir AS terdiri dari 76 unit pesawat pembom B-52H Stratofortress dan 20 unit pesawat pembom berawak B-2 Spirit, 400 rudal balistik antarbenua Minuteman III berbasis silo, dan 14 kapal selam rudal balistik kelas Ohio.

Triad nuklir AS itu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dan bekerja untuk saling melengkapi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)