Survei: Hampir 80% Warga AS Akui Biden Menangkan Gedung Putih

Rabu, 11 November 2020 - 10:15 WIB
loading...
Survei: Hampir 80% Warga AS Akui Biden Menangkan Gedung Putih
Presiden AS Donald Trump dan Joe Biden saat debat calon presiden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Hampir 80% warga Amerika Serikat (AS), termasuk lebih dari setengah pendukung Partai Republik, mengakui Joe Biden sebagai pemenang pemilu 3 November.

Data itu berdasarkan survei yang dilakukan Reuters/Ipsos setelah sebagian besar organisasi media menyebutkan perolehan suara Biden di berbagai negara bagian pertarungan utama.

Biden membutuhkan 270 suara Electoral College untuk menang dalam pemilu presiden. Dia telah memiliki 279 suara dibandingkan 214 untuk Trump dengan hasil di tiga negara bagian belum selesai diputuskan, menurut data Edison Research.



Dalam perolehan suara populer, Biden mendapat 76,3 juta suara, atau 50,7% dari total, dan Trump mengumpulkan 71,6 juta suara atau 47,6%. (Baca Juga: Biden: Tak Ada yang Akan Hentikan Transisi Kekuasaan di AS)

Survei nasional Reuters / Ipsos, berlangsung dari Sabtu sore hingga Selasa. “Sebanyak 79% orang dewasa AS percaya Biden memenangkan Gedung Putih. 13% lainnya mengatakan pemilihan belum diputuskan, 3% mengatakan Trump menang dan 5% mengatakan mereka tidak tahu,” ungkap hasil survei tersebut. (Lihat Infografis: Penuh Rintangan, Bisakah Joe Biden Menjadi Presiden Hebat?)

Hasil survei agak terpecah berdasarkan partai politik. “Sekitar enam dari 10 orang pendukung Republik dan hampir setiap pendukung Demokrat mengatakan Biden menang,” papar hasil survei itu. (Lihat Video: Terkait Status Habib Rizieq, Ini Penjelasan Polisi)

Survei: Hampir 80% Warga AS Akui Biden Menangkan Gedung Putih


Edison Research yang melakukan jajak pendapat untuk Reuters dan outlet media utama lainnya menyebut perlombaan dimenangkan Biden pada Sabtu setelah dia memperluas keunggulannya atas Trump di Pennsylvania.

Trump belum mengakui hasil pemilu tersebut. Dia mengklaim kemenangan sebelum seluruh suara dihitung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)