alexametrics

Pengungsi Somalia Berbagi Makanan Buka Puasa di Tengah Pandemi

loading...
Pengungsi Somalia Berbagi Makanan Buka Puasa di Tengah Pandemi
Pengungsi Somalia menyiapkan makanan bersama anak-anaknya untuk buka puasa Ramadhan di Hodan, Mogadishu, Somalia. Foto/REUTERS/Feisal Omar
A+ A-
MOGADISHU - Di rumah yang terbuat dari seng di kamp pengungsi di Mogadishu, seorang wanita membuat pastel dan adonan tepung untuk roti.

Mereka menyiapkan makanan untuk iftar atau buka puasa di bulan Ramadhan, saat wabah virus corona meluas di Somalia. Social distancing dan mencuci tangan sulit dilakukan bagi orang yang tinggal di kamp yang padat penduduk dan sanitasi yang buruk.

Selama Ramadhan, saat harga makanan naik, para pengungsi itu semakin hidup dalam kondisi sulit. Saat wabah corona menghambat perekonomian, warga mengumpulkan apa yang mereka miliki bersama tetangga untuk dapat menikmati makan bersama.



“Saat wabah virus corona meluas di kota dan orang tidak pergi bekerja, kami mulai mengumpulkan setiap uang dari sejumlah keluarga untuk makanan,” papar warga di kamp pengungsi Mohamed Warsame Hirsi.

Somali memiliki 926 kasus corona yang dikonfirmasi pada Kamis (7/5), berdasarkan data pemerintah dan WHO. Dengan 44 korban meninggal, Somalia memiliki jumlah tertinggi korban meninggal di Afrika.

“Kami tidak memiliki sabun untuk membersihkan tangan kami saat virus menyebar,” papar Khadija Diriye yang tinggal di kamp itu.

Warga pun berdoa agar dapat bertahan menghadapi wabah tersebut.

“Kami mohon Allah memberikan kami kemampuan menghadapi penyakit itu,” kata Hassan Ibrahim. (Baca Juga: Bisnis Jepang Buka Lagi Saat Pemerintah Hendak Akhiri Status Darurat)
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak