Australia Catat Nol Kasus Harian Covid-19 untuk Pertama Kali

Minggu, 01 November 2020 - 17:52 WIB
loading...
Australia Catat Nol Kasus Harian Covid-19 untuk Pertama Kali
Australia mencatat tidak adanya infeksi komunitas harian Covid-19 untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan terakhir. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Australia mencatat tidak adanya infeksi komunitas harian Covid-19 untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan terakhir. Ini membuka jalan bagi pelonggaran lebih lanjut pembatasan yang diterapkan oleh pemerintah Australia.

Negara bagian Victoria, yang menyumbang lebih dari 90% dari 907 kematian terkait virus Corona di Australia, tidak mencatat infeksi harian baru dan tidak ada kematian untuk hari kedua berturut-turut.

"Dengan tidak adanya kasus baru Covid-19 yang tercatat di seluruh negeri, Australia untuk pertama kali sejak 9 Juni tidak melihat adanya kasus harian baru," kata Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt. ( )

Victoria pekan lalu mengakhiri sebagian besar dari 111 hari pembatasan, yang merupakan salah satu paling ketat di dunia. Jajak pendapat Ipsos baru-baru ini yang dilakukan oleh surat kabar The Age dan Nine News menunjukkan bahwa warga Victoria mendukung penanganan pandemi di negara bagian itu.

Kepala Petugas Kesehatan Victoria, Brett Sutton mengisyaratkan bahwa pihaknya akan kembali melonggarkan pembatasan beberapa hari mendatang. Tetapi, dia tetap mendesak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga mengatakan bahwa jika Australia tidak bertindak cepat dan tegas untuk menghalau pandemi ini, maka nasib mereka akan sama dengan banyak negara di Eropa. Di mana sistem kesehatan banyak negara di Eropa saat ini kewalahan menghadapi pandemi ini.

"Untuk melihat 50 ribu kasus sehari di Prancis, melihat Belgia mengirim pasien ke luar negeri karena mereka begitu kewalahan, itulah yang mungkin akan kami hadapi jika kami tidak bisa mengatasinya," ucap Sutton.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)