Trump Beri Suara di Florida, Gabung 53 Juta Pemilih AS

loading...
Trump Beri Suara di Florida, Gabung 53 Juta Pemilih AS
Warga menonton debat calon presiden antara Joe Biden dan Donald Trump di California, 22 Oktober 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memberi suara di Florida, bergabung dengan lebih dari 53 juta warga AS yang telah memberikan suara lebih awal.

Ini merupakan jumlah terbesar untuk pemungutan suara lebih awal menjelang pemilu 3 November mendatang. Trump akan memberikan suara di West Palm Beach, dekat Mar-a-Lago, setelah memindahkan alamat tetap dan registrasi pemilih tahun lalu dari New York ke Florida.

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan istrinya Jill akan mengunjungi Pennsylvania untuk mengikuti dua acara pada Sabtu. Mantan Presiden AS Barack Obama akan kampanye di Florida, menjadikan itu penampilan keduanya dalam kampanye untuk Biden setelah singgah di Pennsylvania pada Rabu.

Dengan 10 hari menjelang kampanye, sekitar 53,5 juta warga AS telah memberikan suara lebih awal. Kondisi ini dapat menuju pada partisipasi pemilih tertinggi dalam lebih dari satu abad, menurut data dari Proyek Pemilu AS.



Ketergesaan untuk memberikan suara adalah tanda minat yang kuat dalam kontes antara Trump dan Biden, serta menghindari tempat pemungutan suara yang ramai pada Hari Pemilu dan mengurangi risiko paparan COVID-19 yang telah menewaskan lebih dari 224.000 orang di AS. (Baca Juga: Iran: Kesepakatan Sudan dan Israel Tercapai dengan ‘Uang Tebusan’)

Banyak negara bagian telah memperpanjang pemungutan suara awal melalui surat suara menjelang Hari Pemilihan. Cara itu dianggap lebih aman untuk memberikan suara selama pandemi virus corona. (Lihat Infografis: Putra Mahkota Saudi Akan Dibunuh Jika Normalisasi dengan Israel)

Trump, yang secara rutin mengutuk pemungutan suara melalui surat, memilih memberi suara melalui surat dalam dua pemilu sejak dia mengalihkan alamatnya ke Florida. Dua pemilu itu yakni pada pemilu pendahuluan pada Maret dan pemilu negara bagian pada Agustus. (Lihat Video: Prabowo: Lahan Berkurang, Apa Rakyat Mau Dikasih Makan Beton?)



“Saya di sini untuk memilih!” kata Trump di Pensacola pada Jumat (23/10) malam, salah satu dari dua kampanye yang dia adakan di negara bagian itu.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top