James Bond Ternyata Benar Ada di Dunia Nyata, Ini Buktinya

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 14:42 WIB
loading...
James Bond Ternyata Benar Ada di Dunia Nyata, Ini Buktinya
Dokumen Perang Dingin mengungkap sosok mata-mata Inggris bernama James Bond. Foto/Fox News
A A A
WARSAWA - Sejumlah dokumen era Perang Dingin yang baru-baru ini dipublikasi membuat publik Polandia dan beberapa komunitas intelijen terguncang. Pasalnya, dokumen tersebut mengungkapkan tersangka agen mata-mata Inggris bernama James Bond .

Pada 18 Februari 1964, agen bernama James Bond tiba di Warsawa, lalu berada di belakang Tirai Besi Uni Soviet, sebuah pembatas yang memisahkan Blok Timur Komunis dari Barat.

Secara resmi, ia bekerja sebagai arsiparis di Atase Militer Kedutaan Inggris. Tapi dia segera mendapat perhatian dari perwira kontra intelijen Polandia. Pada satu titik, dia terlihat mengintip di sekitar pangkalan militer di sepanjang perbatasan Soviet, seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal.(Baca juga: Jerman: AS dan Eropa Harus Bersatu Dalam Perang Dingin Baru dengan China )

Menurut Institute of National Remembrance, ia melakukan beberapa perjalanan ke timur laut Polandia yang diduga berhasil menembus instalasi militer. Institute of National Remembrance adalah badan pemerintah yang berbasis di Warsawa yang mendokumentasikan kejahatan terhadap Polandia.


Sampul dokumen Bond telah memicu perdebatan sendiri di antara sejarawan Polandia dan publik mengenai apakah Bond - yang dipanggil Jim - sebenarnya adalah mata-mata.

"Maksud saya, ayolah," ujar Marzena Kruk, Direktur Institute of National Remembrance, kepada Reuters. Dia adalah seorang mata-mata, melakukan hal-hal spionase.

Badan Intelijen Rahasia Inggris, yang dikenal sebagai MI6, menolak berkomentar terkait kabar tersebut.

Filip Hagenbeck, mantan pemimpin Counterintelligence Branch Ten, badan yang bertugas membasmi mata-mata asing, mengatakan skenario yang lebih mungkin adalah Bond digunakan sebagai umpan untuk operasi yang lebih sensitif.(Baca juga: Bantah Lakukan Spionase, Taiwan Balik Tuding China Ciptakan Teror )

Dia curiga intelijen Inggris mengenal seorang pria dengan nama yang sama dengan karakter fiksi populer penulis Ian Fleming mungkin akan mengalihkan perhatian agen Polandia.

“Mereka mengirimnya untuk membuatnya menjadi semacam umpan. Untuk membuat kontraintelijen mengejarnya daripada orang lain,” kata Hagenbeck kepada WSJ.

“Itu adalah permainan yang dimainkan, kau tahu?” imbuhnya seperti dilansir dari Fox News, Jumat (23/10/2020).

Fleming sendiri mulai menulis novel mata-mata James Bond pada 1950-an. Film Bond pertama - “Dr. No ”- dirilis pada tahun 1962 dengan Agen 007 dimainkan oleh Sean Connery. Sampai saat ini, 26 film James Bond telah dirilis dengan tujuh pemeran utama.

Janda Bond, Janette Bond (88), tidak yakin apa misi suaminya di Polandia. Dia mengatakan dia diberitahu untuk bergabung dengannya di Warsawa untuk memproyeksikan cerita sampul yang lebih kredibel. Kadang-kadang dia berkomunikasi dengan menulis di atas kertas di apartemen mereka karena dia takut tetangga lantai atas mendengarkan.

Dia juga ingat pernah membantu suaminya menghindari orang-orang Soviet yang berpikiran sama. Ia akan muncul di pesta, kemudian menyelinap pergi dari misi sementara dia kembali ke rumah dengan pejabat Inggris lainnya.

"Jika tidak berhasil, maka dibatalkan," ujarnya.

Bond kembali ke Inggris kurang dari setahun setelah tiba di Polandia. Keluarganya mengatakan dia memiliki sedikit kesamaan dengan versi Fleming, terutama feminisasi.

“Dia tidak ramah,” kenang saudara iparnya Keith Tacchi.

"Jim adalah seorang ordo, dia bergabung dengan tentara dan dia memainkannya sesuai dengan buku," imbuhnya.

Kruk agak membantah asumsi itu.

“Dia melakukan perjalanan sedikit di sekitar Polandia. ... Dia menyukai wanita, sama seperti sastranya, tapi tidak ada satu kata pun tentang martini, "katanya.

"Namun, ada informasi bahwa dia menyukai bir Polandia," tukasnya.(Lihat video: Warga Tuban Blokade Pintu Masuk PT TPPI, Tuntut Dipekerjakan )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)