Dituding AS Akses Data Pemilih, Iran Panggil Perwakilan Swiss

Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:40 WIB
loading...
Dituding AS Akses Data Pemilih, Iran Panggil Perwakilan Swiss
Iran dilaporkan telah memanggil perwakilan Swiss di Teheran untuk memprotes klaim AS bahwa Teheran mengakses data pemilih AS dan mencoba kacaukan pemilihan umum. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran dilaporkan telah memanggil perwakilan Swiss di Teheran untuk memprotes klaim Amerika Serikat (AS) bahwa Teheran mengakses data pemilih AS dan mencoba kacaukan pemilihan umum. Swiss adalah kepanjangan tangan AS di Iran, setelah Washington memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran.

"Penolakan kuat Iran atas klaim berulang, tidak berdasar dan palsu dari pejabat Amerika telah disampaikan kepada Duta Besar Swiss," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh. ( )

Ratcliffe mengatakan, Iran juga telah mendistribusikan konten video yang menyiratkan bahwa seseorang dapat melakukan kecurangan dalam surat suara, bahkan dari luar negeri. Informasi dalam video itu tidak benar, Ratcliffe menekankan, seraya menambahkan bahwa warga Amerika dapat mempercayai bahwa suaranya aman.

Dia juga mengatakan komunitas intelijen belum melihat aksi serupa dari Rusia, meski memperoleh informasi pemilih seperti yang dilakukan pada 2016 lalu. "Bahkan jika musuh mengejar upaya lebih lanjut untuk mengintimidasi ketahuilah bahwa sistem pemilu kami hebat dan Anda dapat yakin bahwa suara Anda aman," imbaunya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)