Seorang Relawan Meninggal, Brasil Tetap Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19

Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:29 WIB
loading...
Seorang Relawan Meninggal, Brasil Tetap Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19
Foto/Ilustrasi
A A A
BRASILIA - Otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, mengatakan uji coba vaksin Covid-19 akan dilanjutkan. Pernyataan itu dikeluarkan setelah seorang sukarelawan uji klinis vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford meninggal.

Pihak Oxford mengkonfirmasi rencana itu dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setelah penilaian yang cermat tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis. Sedangkan AstraZeneca langsung menolak berkomentar.

Sumber yang mengetahui masalah ini di Brasil mengatakan kepada Reuters bahwa uji coba vaksin AstraZeneca akan ditangguhkan jika relawan yang meninggal telah menerima vaksin Covid-19, menunjukkan orang tersebut adalah bagian dari kelompok kontrol yang diberi suntikan meningitis.(Baca juga: Relawan Tes Vaksin Covid-19 AstraZeneca Meninggal Dunia di Brasil )

Dalam uji coba fase 3, umumnya setengah menerima vaksin dan setengah menerima plasebo - dalam hal ini meningitis.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis fase 3 di Brasil, mengatakan komite peninjau independen telah merekomendasikan uji coba mereka dilanjutkan.

Universitas sebelumnya mengkonfirmasi bahwa sukarelawan itu adalah orang Brasil tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan sukarelawan yang berpartisipasi," kata universitas Brasil itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari kantor berita Australia, ABC, Kamis (22/10/2020).

Sejauh ini, 8.000 dari 10.000 sukarelawan yang direncanakan dalam uji coba telah direkrut dan diberikan dosis pertama di enam kota di Brasil.

Banyak dari mereka juga sudah menerima tembakan kedua.

Anvisa tidak memberikan rincian lebih lanjut, mengutip kerahasiaan medis dari mereka yang terlibat dalam uji coba.(Baca juga: Studi: Kepercayaan Terhadap Vaksin Terus Menurun Setiap Tahunnya )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)