Putin Usul Perjanjian New START Diperpanjang Satu Tahun

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 22:37 WIB
loading...
Putin Usul Perjanjian New START Diperpanjang Satu Tahun
Presiden Rusia Vladimir Putin usulkan perjanjian New START diperpanjang satu tahun. Foto/Time
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengusulkan Rusia dan Amerika Serikat (AS) memperpanjang perjanjian kontrol senjata nuklir selama satu tahun. Perjanjian yang juga disebut sebagai perjanjian New START itu akan berakhir pada bulan Februari mendatang.

Perjanjian START (Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis) Baru, yang ditandatangani pada tahun 2010, membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis, rudal, dan pembom yang dapat digunakan oleh Rusia dan AS.

Kegagalan untuk memperpanjang pakta akan menghilangkan semua kendala pada penyebaran senjata nuklir strategis AS dan Rusia dan sistem pengiriman mereka, memicu perlombaan senjata pasca Perang Dingin serta ketegangan antara Moskow dan Washington.

Putin, berbicara pada pertemuan melalui tautan video dengan Dewan Keamanan Rusia yang disiarkan di televisi pemerintah, mengatakan perjanjian itu telah bekerja secara efektif sampai sekarang dan akan sangat menyedihkan jika perjanjian itu berhenti bekerja.

"Dalam hal ini, saya mengusulkan memperpanjang perjanjian saat ini tanpa syarat apapun setidaknya selama satu tahun sehingga negosiasi yang berarti dapat dilakukan pada semua parameter masalah," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/10/2020).

Rusia dan AS, yang telah menyerukan agar China dimasukkan dalam perjanjian pengendalian senjata, telah berselisih mengenai perpanjangan pakta tersebut meskipun telah dilakukan pembicaraan selama beberapa bulan.

Pada hari Rabu, Moskow membantah pernyataan AS bahwa kedua belah pihak pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan.(Baca juga: Rusia Bantah Telah Sepakat Perpanjang Perjanjian New START )

Perjanjian New START adalah penerus dari Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) asli yang ditandatangani pada tahun 1991 antara Uni Soviet dan Amerika Serikat saat itu.

Kesepakatan senjata antara Presiden Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev pada 1980-an, dan penerus mereka George H.W. Bush dan Presiden Rusia Boris Yeltsin pada 1990-an, menggarisbawahi kepercayaan yang tumbuh di antara negara adidaya dan berkontribusi untuk mengakhiri Perang Dingin.

Perjanjian itu ditandatangani oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia kala itu; Dmitry Medvedev, di Praha pada tahun 2010. Perjanjian ini akan berakhir pada tahun 2021.

Bersama dengan perjanjian lain yang dikenal sebagai perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) 1987, perjanjian New START dianggap sebagai pusat kendali senjata negara adidaya. (Baca juga: Jika Rusia Bekukan Senjata Nuklir, AS Siap Perpanjang Perjanjian START )

Moskow telah menangguhkan keikutsertaannya dalam perjanjian INF pada bulan Maret setelah Gedung Putih mengumumkan akan membatalkan perjanjian era Perang Dingin itu dengan alasan Moskow melanggarnya.

Putin menuduh Washington mengikis rezim pengendali senjata global dengan menarik diri dari Perjanjian Misil Anti-Balistik pada 2002 dan kemudian keluar dari perjanjian INF pada Februari.(Lihat video: Pernyataan Bank Dunia Mengenai Undang-Undang Cipta Kerja )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)