Putin Usul Perjanjian New START Diperpanjang Satu Tahun

loading...
Putin Usul Perjanjian New START Diperpanjang Satu Tahun
Presiden Rusia Vladimir Putin usulkan perjanjian New START diperpanjang satu tahun. Foto/Time
A+ A-
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengusulkan Rusia dan Amerika Serikat (AS) memperpanjang perjanjian kontrol senjata nuklir selama satu tahun. Perjanjian yang juga disebut sebagai perjanjian New START itu akan berakhir pada bulan Februari mendatang.

Perjanjian START (Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis) Baru, yang ditandatangani pada tahun 2010, membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis, rudal, dan pembom yang dapat digunakan oleh Rusia dan AS.

Kegagalan untuk memperpanjang pakta akan menghilangkan semua kendala pada penyebaran senjata nuklir strategis AS dan Rusia dan sistem pengiriman mereka, memicu perlombaan senjata pasca Perang Dingin serta ketegangan antara Moskow dan Washington.

Putin, berbicara pada pertemuan melalui tautan video dengan Dewan Keamanan Rusia yang disiarkan di televisi pemerintah, mengatakan perjanjian itu telah bekerja secara efektif sampai sekarang dan akan sangat menyedihkan jika perjanjian itu berhenti bekerja.



"Dalam hal ini, saya mengusulkan memperpanjang perjanjian saat ini tanpa syarat apapun setidaknya selama satu tahun sehingga negosiasi yang berarti dapat dilakukan pada semua parameter masalah," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/10/2020).

Rusia dan AS, yang telah menyerukan agar China dimasukkan dalam perjanjian pengendalian senjata, telah berselisih mengenai perpanjangan pakta tersebut meskipun telah dilakukan pembicaraan selama beberapa bulan.

Pada hari Rabu, Moskow membantah pernyataan AS bahwa kedua belah pihak pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan.(Baca juga: Rusia Bantah Telah Sepakat Perpanjang Perjanjian New START)



Perjanjian New START adalah penerus dari Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) asli yang ditandatangani pada tahun 1991 antara Uni Soviet dan Amerika Serikat saat itu.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top