Kereta Tabrak Bus di Bangkok, 20 Tewas dan Puluhan Terluka

Senin, 12 Oktober 2020 - 21:00 WIB
loading...
Kereta Tabrak Bus di Bangkok, 20 Tewas dan Puluhan Terluka
Kecelakaan kereta dengan bus wisata di Bangkok, Thailand. FOTO/CNA
A A A
BANGKOK - Setidaknya 20 orang tewas dan lebih dari 40 luka-luka setelah sebuah kereta barang bertabrakan dengan bus wisata dekat Bangkok, Minggu (11/10). Insiden mematikan ini terjadi sekitar pukul 8 pagi waktu setempat di stasiun Khlong Khwaeng Klan, Provinsi Chachoengsao, sekitar 50 km di timur ibu kota Bangkok.

“Ada sekitar 60 penumpang dalam bus sewaan yang bepergian dari provinsi tetangga Samut Prakan ke sebuah kuil di Chachoengsao,” kata Gubernur Provinsi Maitree Tritilanond, seperti dikutip dari Channel News Asia.

(Baca: Rawan Kecelakaan, Daop 4 Semarang Tutup 159 Perlintasan Sebidang Liar )

“Mereka berencana mempersembahkan jubah kuning kepada para biksu - sebuah upacara tradisional yang diadakan dalam waktu satu bulan akhir Prapaskah Buddha,” lanjutnya kepada wartawan.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Provinsi, bus nahas itu berada di jalur kereta saat tabrakan terjadi. Tidak ada palang pintu di perlintasan itu, sebut pernyataan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi.

“Puluhan penumpang yang terluka dilarikan ke fasilitas medis terdekat untuk perawatan,” kata Direktur rumah sakit provinsi Sombat Chutimanukul. "Empat orang berada dalam kondisi kritis dan 8 lainnya masih dalam pengawasan. Jumlah total yang dirawat di rumah sakit ada 23 orang,” lanjutnya.

Menjelang sore, lebih dari 30 penumpang yang menderita luka ringan dipulangkan, jelas seorang kepala polisi setempat. Rekaman yang dibagikan oleh Departemen Pemerintah menunjukkan bus itu merayap dari jalan ke rel kereta, sebelum kereta kargo biru itu menabrak sisinya.

"Saya membeku ketakutan ketika saya melihat kecelakaan itu. Itu pemandangan yang mengerikan," kata Pitchitra Thongwichit, 34, yang tinggal di dekat rel. "Semua penumpang mengerang dan menangis minta tolong,” jelasnya.

Gambar awal oleh petugas penyelamat menunjukkan puing-puing, dengan mayat tergeletak di dekat rel kereta dan barang milik orang-orang berserakan. Bus itu terbalik, bagian atasnya robek.

(Baca: Maut di Perlintasan Kereta Api, 6 Nyawa Melayang )

Pekerja pabrik Samruan Thongdee mengatakan, dia sedang sarapan di dekat lokasi, ketika dia mendengar kecelakaan itu. "Saya menelepon kolega saya untuk datang membantu sebelum petugas darurat tiba," kata pria 57 tahun itu. "Saya berhasil menarik seorang wanita dari reruntuhan dan membantunya naik ke peron kereta," lanjutnya.

Petugas penyelamat mengangkat yang terluka dengan tandu ke ambulans terdekat yang diparkir, dan dua crane tiba pada sore hari untuk mengangkat kendaraan dari jalur. Hingga kini polisi sedang menyelidiki penyebab kecelakaan.

Gubernur Maitree mengatakan, perlintasan kereta itu memiliki alarm, tetapi tidak ada penghalang untuk memblokir lalu lintas saat kereta datang. Dia mengatakan, pemerintah provinsi akan memasang gundukan dan penghalang kecepatan, dan juga menebang pohon di dekat penyeberangan untuk meningkatkan jarak pandang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)