Dituding Pence Biang Kerok Pandemi, China Sensor Debat Cawapres AS

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 18:21 WIB
loading...
Dituding Pence Biang Kerok Pandemi, China Sensor Debat Cawapres AS
Dituding Mike Pence biang kerok pandemi Corona, China sensor debat Cawapres AS. Foto/Mothership
A A A
BEIJING - China menyensor debat calon wakil presiden (Cawapres) Amerika Serikat (AS) saat calon incumbent Mike Pence mulai menyalahkan Beijing atas pandemi virus Corona . Sinyal CNN di China diketahui drop saat Pence mulai berbicara tentang topik tersebut.

Perdebatan tersebut disiarkan CNN di China, saluran yang secara teratur disela oleh sensor. Secara umum, saluran tersebut tidak tersedia secara luas di China, sebagian besar hanya dapat diakses di hotel, kompleks diplomatik dan blok apartemen yang sering dikunjungi oleh orang asing.

Sinyal CNN diketahui drop selama sekitar 30 detik selama debat pada hari Rabu lalu. Gangguan itu terjadi tepat ketika Pence mengatakan "China yang harus disalahkan" ketika membahas pandemi Covid-19 yang hingga saat ini telah menewaskan lebih dari 211.000 warga Amerika dan menginfeksi lebih dari 7,5 juta — termasuk Presiden Donald Trump dan sejumlah staf Gedung Putih.

Nathan VanderKlippe, koresponden Beijing untuk surat kabar Globe and Mail Kanada, berkicau di Twitter bahwa sinyal CNN terputus selama debat. Dia memposting gambar interupsi, menunjukkan layar bertuliskan: "Tidak ada sinyal, harap bersiap."

"China menyensor komentar Pence tentang China. Sinyal kembali ketika Harris mulai berbicara," tulis VanderKlippe seperti disitir dari Newsweek, Jumat (9/10/2020).

The Australian Associated Press juga melaporkan bahwa sensor China telah turun tangan untuk memblokir komentar Pence.

Dalam bagian debat yang disensor, Pence mengulangi baris serangan utama pemerintahan Trump terhadap Beijing terkait pandemi. Gedung Putih telah mencoba menghindari kesalahan atas penanganan krisisnya dengan menuduh China menutupi tingkat dan tingkat keparahan wabah Covid-19, dan menyalahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena memfasilitasi penipuan yang dilakukan China.(Baca juga: Debat Cawapres AS: Harris dan Pence Saling Serang soal Penanganan Covid-19 )

"China yang harus disalahkan atas virus Corona dan Presiden Trump tidak senang tentang itu," kata Pence.

"China dan Organisasi Kesehatan Dunia tidak bermain langsung dengan rakyat Amerika, mereka tidak mengizinkan personel kami ke China untuk mendapatkan informasi tentang virus Corona hingga pertengahan Februari," imbuhnya.

Pence juga mengulangi klaim yang menyesatkan — yang berulang kali didengungkan oleh Trump dan sekutunya — bahwa presiden menangguhkan semua perjalanan dari China pada Januari. Trump telah mengklaim langkah ini menyelamatkan ratusan ribu nyawa, meskipun tidak menawarkan bukti apa pun untuk mendukung klaim tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)