Putin Ulang Tahun, Rusia Tembakkan Rudal Jelajah Hipersonik Tsirkon

Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:16 WIB
loading...
Putin Ulang Tahun, Rusia Tembakkan Rudal Jelajah Hipersonik Tsirkon
Kapal perang Admiral Gorshkov yang terletak di Laut Putih, Rusia utara, menembakkan rudal jelajah hipersonik Tsirkon dalam sebuah uji coba pada Selasa (6/10/2020). Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia telah menguji tembak rudal jelajah hipersonik Tsirkon (Zircon) dan berhasil menghantam target di Laut Barents. Uji tembak senjata canggih ini dilaporkan langsungolehseorang komandan militer kepada Presiden Vladimir Putin yang sedang berulang tahun ke-68 pada hari Rabu.

Berbicara kepada Putin melalui tautan video, Valery Gerasimov, kepala staf umum Angkatan Darat Rusia, mengatakan uji tembak misil hiperonik tersebut dilakukan pada hari Selasa dari kapal perang Admiral Gorshkov yang terletak di Laut Putih di Rusia utara. Keberhasilan uji coba misil ini seolah-olah menjadi kado untuk orang nomor satu Rusia tersebut. (Baca: Trump Sebut Rusia Curi Informasi Pemerintah Obama untuk Bikin Rudal Hipersonik )

Putin, yang telah berjanji untuk meningkatkan kehadiran militer Rusia di Kutub Utara, berbicara tentang rudal hipersonik dan senjata Rusia generasi baru dalam pidatonya pada Maret 2018. Dia pada hari Rabu juga memuji uji coba misil Tsirkon.

"Ini adalah peristiwa besar tidak hanya bagi kehidupan angkatan bersenjata, tetapi juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negeri," kata Putin kepada Gerasimov yang dilansir Reuters, Kamis (8/10/2020).

Tes misil Tsirkon dilakukan di tengah ketegangan atas kontrol senjata antara Rusia dan Amerika Serikat. New START, pakta kontrol senjata nuklir besar terakhir yang diberlakukan antara kedua negara, akan berakhir pada Februari tahun depan. (Baca: Ahli Misil Rusia: Obama Masih Anak Sekolah saat Kami Bereksperiman Rudal Hipersonik )

Gerasimov mengatakan misil mencapai targetnya pada jarak 450 kilometer (280 mil) dalam empat setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8.

Dia menambahkan bahwa tes akan dilanjutkan dan bahwa kapal perang permukaan dan kapal selam Rusia akan dipersenjatai dengan rudal tersebut ketika tes selesai.

Rusia dilaporkan berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik dari kapal militer untuk pertama kalinya pada Januari lalu. (Baca juga: AS Bersiap Kerahkan Rudal-rudal Hipersonik ke Indo-Pasifik )
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)