Trump Tinggalkan RS usai Dirawat karena Covid-19, Demokrat Mengecamnya

Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:29 WIB
loading...
Trump Tinggalkan RS usai Dirawat karena Covid-19, Demokrat Mengecamnya
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump memberi isyarat jempol kepada fotografer saat meninggalkan Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda ke Gedung Putih di Washington, 5 Oktober 2020. Foto/. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meninggalkan Walter Reed National Military Medical Center, rumah sakit (RS) militer di Bethesda tempat dia dirawat karena terinfeksi virus corona baru ( Covid-19 ). Langkah Trump ini dikecam Partai Demokrat sebagai contoh yang berbahaya.

Trump keluar dari pintu RS pada pukul 06.40 waktu setempat pada hari Senin dan berjalan ke iring-iringan mobil yang telah menunggu. Dia tidak menjawab pertanyaan apa pun dari para wartawan yang telah berkumpul. Calon presiden (capres) petahana Partai Republik ini hanya memberi isyarat jempol kepada para fotografer sebelum masuk ke mobilnya. (Baca: Semobil saat Sakit Covid-19, Trump Dianggap Bahayakan Agen Secret Service )

Helikopter Marine One membawa presiden kembali ke Gedung Putih, di mana dia diharapkan untuk melanjutkan pemulihannya.

Sesaat sebelum meninggalkan fasilitas RS, Trump men-tweet bahwa dia akan segera kembali ke jalur kampanye.

Presiden dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif terkena virus pada Kamis malam lalu dan pada awalnya dikarantina di Gedung Putih. Keesokan harinya Trump diangkut ke RS di Bethesda, Maryland, di tengah spekulasi bahwa kondisinya semakin memburuk.

Dokter Gedung Putih, Dr Sean Conley, kemudian mengonfirmasi bahwa Trump diberi oksigen dua kali selama akhir pekan, sebagai tindakan pencegahan saat menerima perawatan koktail antibodi eksperimental. (Baca: Dokter Duga Infeksi Covid-19 Trump Sudah Cukup Parah )

Ketika masih di RS dan mengumumkan pemulangannya akan berlangsung pada hari Senin, Trump mengatakan dia merasa lebih baik daripada "20 tahun yang lalu" setelah terapi. Namun, tidak semua orang bersukacita atas peningkatan nyata presiden berusia 74 tahun itu.

Perawatan singkat presiden di rumah sakit mendorong Partai Demokrat menuduhnya mempolitisasi penyakitnya. Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang berasal dari Partai Demokrat mengecam Trump karena menghabiskan terlalu sedikit waktu di fasilitas medis tersebut. Menurutnya, pemulihan pasien Covid-19 butuh waktu jangka panjang.

"Dia seharusnya tidak berurusan dengan politik agar terlihat seperti dia telah mengatasi virus karena dia memiliki kebijakan yang bagus...Dia sangat merusak dan berbahaya bagi negara," kata Pelosi kepada MSNBC, yang dilansir Selasa (6/10/2020). (Baca juga: Trump Dibawa ke RS, Diberi Obat REGN-COV2 untuk Lawan Covid-19 )

Bukan hanya Demokrat yang mengecam presiden. Mantan gubernur New Jersey dan administrator EPA dalam pemerintahan George W. Bush, Christine Todd Whitman, men-tweet bahwa Trump tidak bertanggung jawab. Tuduhan itu merujuk pada pernyataan presiden mengatakan kepada sesama orang Amerika agar tidak takut pada Covid-19.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)