Trump Diterbangkan ke Rumah Sakit Militer

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 05:57 WIB
loading...
Trump Diterbangkan ke Rumah Sakit Militer
Presiden AS Donald Trump diterbangkan ke rumah sakit militer untuk menjalani sejumlah tes setelah dinyatakan positif Covid-19. Foto/Stltoday
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump , telah diterbangkan ke Walter Reed National Military Medical Center untuk menjalani tes dan akan tetap di sana selama 'beberapa hari' atas saran dokter. Demikian pengumuman yang dikeluarkan oleh pihak Gedung Putih.

"Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan ahli medisnya, presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Russia Today, Sabtu (3/10/2020).

Trump, yang dites positif Covid-19 pada Kamis malam, diterbangkan ke kompleks rumah sakit di Bethesda, Maryland tepat di luar Washington pada Jumat sore, di mana suite khusus disiapkan untuknya.(Baca juga: Lewat Twitter, Trump Konfirmasi Dirinya Terinfeksi Covid-19 )

Trump meninggalkan Gedung Putih tak lama setelah pukul 6 sore waktu setempat, dan berjalan ke helikopter di South Lawn tanpa bantuan. Dia sempat melambaikan tangan dan memberikan isyarat "jempol" ke sejumlah awak pers, tapi tidak menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

Trump juga men-tweet pesan video berdurasi 18 detik yang mengumumkan bahwa dia akan pergi ke Walter Reed dan berterima kasih kepada semua orang atas keinginan baik itu.

"Saya pikir saya melakukannya dengan sangat baik," katanya.

Para dokter mendesak langkah tersebut sehingga Trump bisa mendapatkan perawatan segera jika diperlukan, menurut seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya.

Pengumuman mengejutkan itu datang tak lama setelah dokternya, Komandan Angkatan Laut AS Sean P. Conley, mengumumkan bahwa Trump telah dirawat dengan koktail antibodi eksperimental dan berbagai suplemen termasuk vitamin D dan seng.

"Trump tetap lelah tetapi dalam semangat yang baik," kata Conley.

Ibu Negara Melania Trump, yang juga dinyatakan positif terkena virus, mengalami sakit kepala dan "batuk ringan". Anggota keluarga pertama lainnya dinyatakan negatif.(Baca juga: Trump dan Istri Positif Covid-19, Dikarantina di Gedung Putih )

Sebelumnya pada hari Jumat, kepala staf Gedung Putih dan sekretaris pers menyatakan bahwa Trump masih terlibat dalam mengatur dan mengeluarkan tugas. Namun, Wakil Presiden Mike Pence menggantikannya pada panggilan konferensi yang dijadwalkan sebelumnya dengan para gubernur.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)