Jalinan Hubungan Indonesia dan Afrika Kian Mesra

Rabu, 30 September 2020 - 18:14 WIB
loading...
Jalinan Hubungan Indonesia dan Afrika Kian Mesra
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Afrika mempunyai hubungan sejarah yang sangat kuat. Jalinan hubungan ini pun semakin erat dan mempunyai potensi di masa depan.

Afrika yang terdiri dari 55 negara memiliki organisasi regional yang bernama Uni Afrika yang bermarkas di Addis Ababa, Ethiopia. Pada tahun 2015, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri KTT ke-24 negara-negara Afrika di Addis Ababa

"Retno Marsudi menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia pertama yang menghadiri KTT Uni Afrika dan mentri kedua Indonesia yang melakukan kunjungan bilateraldi Ethiopia sejak Indonesia dan Ethiopia membuka hubungan diplomatik tahun 1961,"ungkap Duta Besar Indonesia Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur seperti dilansir dari kanal YouTube The B Siblings, Rabu (30/9/2020).

Menurut Al Busyra Indonesia adalah negara mitra atau partner country bagi Uni Afrika, karena itu Dubes Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti juga merangkap perwakilan Indonesia di Uni Afrika.

"Sebagai negara mitra, Indonesia berpeluang lebih dalam meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan negara-negara Afrika melalui Uni Afrika," ujarnya.

Salah satu bentuk peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Afrika ini adalah dalam bidang ekonomi. Tercatat ada lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, negara nomor dua terbesar yang menerima investasi Indonesia di Afrika.

Selain itu, dikatakan oleh Al Busyra, dalam rangka mendukung misi dan isu-isu yang menjadi prioritas Uni Afrika dibidang perdamaian dan keamanan terutara, KBRI Addis Ababa hadir secara rutin dan berkontribusi dalam berbagai sesi terbuka Peace and Security Concil Uni Afrika.
(ber)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (11.97#12.26)