Iran Ungkap Rudal Balistik Terbaru dengan Jangkauan 700 Km

Rabu, 30 September 2020 - 01:01 WIB
loading...
Iran Ungkap Rudal Balistik Terbaru dengan Jangkauan 700 Km
Tentara Iran bersiap meluncurkan serangan. Foto/Memo
A A A
TEHERAN - Angkatan Udara Korp Garda Revolusioner Islam Iran (IRGC) merilis rudal balistik baru dengan jarak tempuh 700 km.

Rudal itu mampu menempuh jangkauan dua kali lipat lebih jauh daripada rudal lain yang dimiliki Iran . Rudal bernama “Zolfaghar Basir” itu merupakan variasi dari rudal balistik Zolfaghar permukaan ke permukaan, dengan hulu ledak dilengkapi pemburu optik.

“Rudal itu diumumkan di National Aerospace Park, Teheran, sebagai bagian pameran yang menampilkan berbagai pencapaian Angkatan Udara,” papar laporan kantor berita Iran , Tasnim.

Beberapa senjata lain juga dipamerkan dalam kesempatan itu, termasuk roket kendali udara ke permukaan buatan dalam negeri pertama Iran . Roket itu didesain dapat diluncurkan dari pesawat tempur Sukhoi Su-22.

Adapun rudal baru itu dari kelas Fadak dan dilengkapi dengan hulu ledak yang mampu menempuh kecepatan 700 meter per detik dan mencapai target dalam jarak 2,4 km.

Saat pengumuman, Komandan IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan, “Pameran ini menunjukkan rencana komprehensif kekuatan penangkal dalam sistem Iran.” (Baca Juga: Perang Pecah di Nagorno Karabakh, OKI Kutuk 'Agresi' Armenia)

Rudal balistik Zolfaghar sebelumnya pernah digunakan oleh IRGC dalam melawan target-target ISIS di Suriah pada 2017 dan 2018. (Baca Infografis: Perang Pecah, Fakta Kekuatan Militer Azerbaijan dan Armenia)

Yang terbaru, pada Januari tahun ini, rudal itu digunakan untuk menyerang pangkalan udara Ain Al-Assad yang menampung pasukan Amerika Serikat di Irak, untuk membalas pembunuhan terhadap Komandan Pasukan Quds IRGC Mayor Jenderal Qassem Soleimani. (Lihat Video: Oknum Polisi Gelar Resepsi Pernikahan Mewah di Labuhanbatu Viral di Media Sosial)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)