Upaya Penyelamatan Berakhir, 350 Paus yang Mati Mulai Dibuang ke Laut

loading...
Upaya Penyelamatan Berakhir, 350 Paus yang Mati Mulai Dibuang ke Laut
Para relawan berupaya menyelamatkan paus di Australia. Foto/REUTERS
A+ A-
SYDNEY - Petugas satwa liar Australia mulai membuang ratusan ekor paus pilot yang mati pada Sabtu (26/9) setelah tak ada lagi harapan menyelamatkan mereka.

Dalam insiden paus terdampar terbesar di Australia, sebanyak 470 ekor paus pertama terlihat di pantai saat pemantauan udara di Macquarie Harbour, Tasmania pada Senin lalu.

Setelah beberapa hari upaya penyelamatan yang sulit dan berbahaya, Australia menyatakan berhasl menyelamatkan 108 paus dan sisanya sekarang sudah mati.

Manajer Badan Satwa Liar dan Kontrol Insiden Rob Buck menyatakan 15 paus telah dibuang di laut. Namun operasi untuk membuang sisanya sekitar 350 ekor paus diperkirakan membutuhkan waktu beberapa hari paling cepat.



“Pengumpulan dan pembuatan dilakukan dengan bantuan perusahaan akuakultur yang memiliki peralatan dan pakar di bidang itu untuk kerja secara tepat waktu dan efektif,” kata Buck. (Baca Juga: Nenek di India Masuk 100 Tokoh Paling Berpengaruh Majalah Time)

Paus-paus yang mati itu dipisahkan dalam beberapa kelompok dan ditutup dengan kantung air untuk menjaga mereka tetap di satu tempat dan menghindari hiu dan predator lain. (Baca Infografis: Macron-Rusia: Beri Kami Jawaban atau Tanggung Akibat)

“Sebagian besar paus yang berhasil diselamatkan itu diperkirakan membentuk kelompok lagi dan pulih dari kejadian traumatis tersebut,” ungkap para petugas. (Lihat Video: Sepeda Kayu dari Limbah Kayu Pinus)
(sya)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top