Pesawat Bomber Supersonik Rusia Catatkan Waktu Terbang Terlama

loading...
Pesawat Bomber Supersonik Rusia Catatkan Waktu Terbang Terlama
Pesawat pembom supersonik Rusia, Tu-160, memecahkan rekor dunia untuk penerbangan nonstop terlama untuk jenis pesawat ini. Foto/Ist
A+ A-
MOSKOW - Pesawat pembom supersonik Rusia, Tu-160, memecahkan rekor dunia untuk penerbangan nonstop terlama untuk jenis pesawat ini. Hal itu diungkapkan Sergey Kobylash, Komandan Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia.

"Dua awak Long-Range Aviation telah menetapkan rekor baru untuk jarak dan durasi pada pembom pembawa rudal supersonik strategis Tu-160," kata Kobylash dalam sebuah pernyataan.

"Pilot Angkatan Udara Rusia berada di udara selama lebih dari 25 jam, menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer. Tidak ada yang menerbangkan pesawat jenis ini lebih lama," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Minggu (20/9/2020).

Rekor sebelumnya ditetapkan pada 2010 oleh pembom Tu-160 yang telah mengudara selama 24 jam 24 menit. (Baca juga: Mampukah S-400 Rusia di China Rontokkan Rudal AS di Taiwan?)



Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, dua Tu-160 terbang di atas perairan netral di bagian tengah Samudra Arktik dan Pasifik serta Laut Kara, Laptev, Siberia Timur, Chukchi, dan Barents. Kedua pesawat lepas landas dan mendarat di lapangan terbang Engels.

Kementerian itu menuturkan bahwa pembom Tu-160 diisi bahan bakar di udara tiga kali dari enam tanker IL-78. (Baca juga: Rusia Jengkel Pesawat Pembom dan Pengintai AS Hilir Mudik Dekat Crimea)

"Pembom pembawa rudal strategis Tu-160 didampingi oleh jet tempur Su-35S bersama dengan pesawat asing di sepanjang bagian tertentu dari rute mereka. Perbenangan dilakukan dengan kepatuhan ketat dengan aturan wilayah udara internasional," kata Kementerian Pertahanan Rusia.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top