April, Trump Janjikan Vaksin Covid-19 Tersedia untuk Warga AS

loading...
April, Trump Janjikan Vaksin Covid-19 Tersedia untuk Warga AS
Presiden AS Donald Trump menjanjikan vaksin Covid-19 tersedia untuk warga Amerika. Foto/WGHP
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan Amerika Serikat (AS) akan menghasilkan cukup dosis vaksin virus Corona untuk setiap warga Amerika pada bulan April dan setidaknya 100 juta dosis sebelum tahun ini berakhir.

"Ratusan juta dosis akan tersedia setiap bulan dan kami berharap memiliki cukup vaksin untuk setiap warga Amerika pada bulan April dan sekali lagi saya akan mengatakan bahkan pada tahap selanjutnya, pengiriman akan secepatnya," kata Trump kepada wartawan selama konferensi pers di Gedung Putih seperti dikutip dari The Hill, Sabtu (19/9/2020).(Baca juga: Oxfam: Separuh Vaksin Covid-19 Dunia Sudah Dikuasai Negara-negara Kaya)

Time line Trump untuk vaksin Covid-19 yang didistribusikan secara luas bertentangan dengan perkiraan yang lebih bijaksana dari Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Robert Redfield bahwa vaksin kemungkinan tidak akan tersedia secara luas hingga kuartal kedua atau ketiga tahun 2021.

"Jika Anda bertanya kepada saya kapan itu akan tersedia secara umum untuk publik Amerika sehingga kita dapat mulai memanfaatkan vaksin untuk kembali ke kehidupan biasa kita, saya pikir kita mungkin melihat di urutan ketiga ... detik akhir kuartal, kuartal ketiga 2021," kata Redfield kepada anggota parlemen Rabu lalu.



Ia mengatakan vaksin dapat tersedia tahun ini dalam "persediaan yang sangat terbatas".(Baca juga: Persaingan Vaksin Covid-19 Antanegara Adidaya Makin Sengit)

Trump kemudian bersikeras bahwa direktur CDC membuat "kesalahan" dan mengatakan bahwa dalam keadaan apa pun tidak akan terlambat seperti yang dikatakan dokter. Trump juga mengatakan dia memperkirakan vaksin dapat tersedia untuk individu berisiko tinggi dan petugas kesehatan pada awal Oktober, meskipun Redfield dan Anthony Fauci mengatakan kemungkinan besar vaksin yang aman dan efektif tidak akan siap hingga November atau Desember.

Trump mengatakan sejumlah besar vaksin akan dikirimkan melalui militer dan mengatakan vaksin tersebut akan disetujui beberapa tahun lebih cepat dari jadwal.



"Kami...Saya akan mengatakan saya pikir saya dapat mengatakan beberapa tahun lebih cepat dari jadwal apa jadinya jika itu adalah administrasi selain yang ini," ujarnya.

Tiga perusahaan pembuat obat saat ini sedang menjalani uji klinis tahap akhir. Awal pekan ini, CDC mengumumkan rencana untuk memberikan vaksin kepada semua warga Amerika secara gratis setelah ditemukan aman dan efektif serta disetujui.(Baca juga: Menlu: Indonesia Dapatkan Akses Vaksin Sebesar 20 Persen dari Total Populasi)
(ber)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top