Trump Segera Umumkan Pengurangan Pasukan AS di Irak

Rabu, 09 September 2020 - 10:36 WIB
loading...
Trump Segera Umumkan Pengurangan Pasukan AS di Irak
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengumumkan pengurangan lebih lanjut pasukan AS dari Irak pada Rabu (9/9).

Pengumuman itu akan diikuti dengan pengumuman lagi pada beberapa hari mendatang untuk pengurangan pasukan AS di Afghanistan.

Keputusan itu dibuat saat Trump menghadapi kritik dari laporan bahwa dia membuat pernyataan kontroversial terkait korban tewas pasukan AS dalam perang.

Trump saat ini bersaing ketat dengan Joe Biden dalam sejumlah survei menjelang pemilu presiden 3 November. Pengumumannya diduga untuk meyakinkan pemilih bahwa dia menjalankan janji-janjinya untuk mengakhiri perang tanpa akhir oleh AS.

AS memiliki sekitar 5.200 pasukan yang dikerahkan di Irak untuk memerangi grup militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). (Baca Juga: Teheran Protes UEA Biarkan Israel Melintas untuk Serang Iran)

Pejabat AS menjelaskan bulan lalu bahwa AS akan mengurangi jumlah pasukan di Irak sekitar sepertiga dalam beberapa bulan mendatang. (Lihat Infografis: China Operasikan 2.500 Pesawat dan S-400, Ancaman Besar Bagi AS)

AS saat ini memiliki sekitar 8.600 pasukan di Afghanistan. Saat wawancara, Trump menjelaskan AS berencana mengurangi jumlahnya menjadi sekitar 4.000 pasukan. (Lihat Video: Tips Tetap Produktif dan Melindungi Keluarga dari Pandemi Covid-19)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)