alexametrics

Pentagon: Wabah Corona Bisa Berlangsung Berbulan-bulan

loading...
Pentagon: Wabah Corona Bisa Berlangsung Berbulan-bulan
Pentagon menyebut wabah virus Corona di AS bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Foto/Forbes
A+ A-
WASHINGTON - Wabah virus Corona yang menyebar dengan cepat di Amerika Serikat (AS) membuat sejumlah pemimpin senior Pentagon angkat bicara. Mereka mengatakan bahwa wabah virus Corona bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan militer akan terus mendukung upaya melawannya selama diperlukan.

"Saya pikir kita harus membuat rencana terkait dengan wabah ini setidaknya hingga beberapa bulan ke depan dan kita perlu mengambil semua tindakan pencegahan untuk melakukan hal itu," kata Menteri Pertahanan AS Mark Esper ketika ditanya berapa lama wabah dapat berlangsung dan berapa lama militer akan melanjutkan upaya dukungan untuk menghadapinya.

"Saya sepenuhnya yakin bahwa pada akhirnya, dalam periode berbulan-bulan, kita akan melewati ini," kata Esper selama balai kota virtual seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/3/2020).



Pada acara yang sama, Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan belum diketahui dengan pasti berapa lama wabah ini akan berlangsung. Mengambil model dari pengalaman negara lain, yang mungkin atau tidak berlaku untuk AS, wabah ini diyakini bisa bertahan hingga bulan Juli.

"Jika itu berlaku, Anda mungkin melihat akhir Mei, Juni, sesuatu dalam kisaran itu, bisa sampai akhir Juli," kata Milley.

Sebelumnya pada hari Senin, Esper mengumumkan lebih banyak pembatasan keamanan bagi mereka yang memasuki Pentagon. Pentagon telah mengalami penurunan jumlah orang yang mulai bekerja sejak langkah-langkah untuk memerangi wabah dimulai, dengan banyak dari mereka melakukan teleworking.

Esper mengatakan bahwa teleworking itu akan terus dilakukan selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Pandemi virus Corona telah menewaskan lebih dari 550 orang di AS dan menjangkiti lebih dari 43.800.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia sedang mempertimbangkan cara membuka kembali ekonomi AS ketika shutdown selama 15 hari berakhir pada minggu depan, bahkan ketika virus Corona yang sangat menular menyebar dengan cepat dan rumah sakit bersiap menghadapi gelombang kematian terkait virus.

Selama akhir pekan, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan penguncian yang memengaruhi segmen besar masyarakat Amerika untuk mencoba mengekang penyebaran virus corona kemungkinan akan berlangsung 10 hingga 12 minggu, atau hingga awal Juni.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak