Permukiman Ilegal Israel di Tepi Barat Melonjak pada 2019

Rabu, 18 Maret 2020 - 21:15 WIB
Permukiman Ilegal Israel di Tepi Barat Melonjak pada 2019
Permukiman Ilegal Israel di Tepi Barat Melonjak pada 2019
A A A
YERUSALEM - Sebuah kelompok pengawas melaporkan bahwa aktivitas permukiman ilegal Israel di Tepi Barat melonjak pada 2019.

Dengan hampir 500.000 pemukim sekarang tinggal di Tepi Barat, dan lebih dari 220.000 lebih di Yerusalem timur, Palestina mengatakan peluang mendirikan negara di wilayah itu dengan cepat berkurang.

Sebagian besar dunia menganggap Tepi Barat, yang ditangkap oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967, menjadi wilayah pendudukan dan permukiman Israel menjadi hambatan ilegal bagi perdamaian.

Menurut angka Peace Now, Israel mulai membangun 1.917 rumah baru di Tepi Barat pada tahun lalu. Jumlah itu menandai sedikit penurunan dari 2.100 konstruksi yang dimulai pada 2018. Namun secara keseluruhan, Israel telah memulai pembangunan rata-rata 2.267 rumah per tahun sejak Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), dibandingkan dengan rata-rata tahunan 1.807 unit selama pemerintahan Obama. Konstruksi tersebar di seluruh Tepi Barat, termasuk permukiman kecil jauh di dalam wilayah tersebut.

"Menurut pendapat saya, mereka mencoba mengambil keuntungan dari jendela peluang yang mereka miliki di bawah pemerintahan Trump, mengetahui bahwa ia mungkin berubah dalam beberapa bulan," kata Hagit Ofran, seorang peneliti untuk grup tersebut.

"Tidak ada pemerintahan AS yang mendukung untuk permukiman sebelumnya, tidak pernah," imbuhnya seperti dikutip dari AP, Rabu (18/3/2020).

Berdasarkan perkiraan Peace Now dari empat orang per rumah tangga, pembangunan tahunan yang baru itu bisa menampung sekitar 9.000 orang per tahun di permukiman.

Di bawah hukum Israel, permukiman harus melalui beberapa tahap perencanaan birokrasi sebelum konstruksi dimulai.

Menurut Peace Now, Israel tahun lalu mengajukan rencana untuk membangun hampir 8.457 rumah baru, menempatkan mereka pada jalur yang berpotensi untuk dibangun di tahun-tahun mendatang. Jumlah ini naik dari 5.618 unit tahun lalu dan 6.742 pada tahun 2017.

Sebagai perbandingan, Israel mengajukan rencana untuk total 4.611 rumah baru selama dua tahun terakhir pemerintahan Obama, ketika negara itu bersitegang dengan AS.

Peace Now mengumpulkan datanya dari sumber-sumber resmi Israel dan dengan melakukan foto udara pemukiman. Menggunakan serangkaian langkah yang berbeda, kelompok-kelompok pemukiman Israel juga telah melaporkan pertumbuhan yang cepat dalam populasi pemukim selama era Trump.

Oded Revivi, walikota penyelesaian Efrat dan kepala utusan asing dewan pemukim Yesha, mengatakan "bukan rahasia" bahwa pemerintahan Trump lebih toleran terhadap pembangunan.

Apakah ribuan unit rumah yang berada dalam aliran pipa akan dibangun, katanya, akan tergantung pada siapa yang memimpin pemerintah Israel berikutnya dan siapa yang memenangkan pemilihan presiden AS pada bulan November mendatang.

"Jika kita masih memiliki pemain yang sama, Netanyahu dan Trump, saya memprediksi angka yang akan Anda lihat pada tahun 2020, atau lebih tepatnya 2021, sebenarnya akan lebih tinggi dari 2019," ujarnya.

Netanyahu telah mengambil sejumlah langkah pro-penyelesaian permukiman saat berkampanye untuk pemilu ulang awal tahun ini.

Segera setelah Trump meluncurkan rencana perdamaian di Timur Tengah, Netanyahu bersumpah untuk mulai mencaplok permukiman tersebut. Ketika Gedung Putih menolak keras rencana itu, ia mendorong ke depan rencana pemukiman baru saat ia berusaha memenuhi permintaan dari basis garis kerasnya.

Menurut Peace Now selama dua bulan pertama tahun ini, Israel telah mendorong rencana ke depan untuk 7.500 rumah tambahan di mana hampir setengah dari mereka berada di daerah sensitif "E1."

Mengembangkan daerah itu, yang menjorok ke dalam Tepi Barat di sebelah timur Yerusalem, akan menghalangi harapan Palestina untuk menciptakan negara yang bersebelahan. Israel sebelumnya telah menahan diri untuk tidak membangun di daerah "E1" karena ditentang oleh pemerintahan AS sebelumnya. Israel juga bergerak maju dengan rencana untuk membangun lebih dari 1.500 unit di daerah yang diperebutkan di Yerusalem timur.

Terlepas dari langkah-langkah ini, Netanyahu ternyata tidak bisa melangkah lebih jauh karena pemilu pada 2 Maret berakhir dengan jalan buntu. Saingan Netanyahu, Benny Gantz, sekarang mencoba untuk membentuk pemerintahan negara berikutnya tetapi juga tampaknya menghadapi peluang sukses yang panjang. Jika tidak ada orang yang dapat bersatu dalam koalisi pemerintahan, negara itu dapat terjun ke pemilu keempat berturut-turut, menempatkan masa depan Netanyahu dipertanyakan ketika ia bersiap untuk diadili atas tuduhan korupsi.

Sementara itu masa depan Trump juga tiba-tiba dipertanyakan menyusul kecaman luas terhadap respons AS yang lambat terhadap krisis virus Corona.

Virus ini juga bisa berperan dalam pertumbuhan permukiman dalam beberapa bulan mendatang. Perlambatan ekonomi, misalnya, berpotensi memperlambat permintaan di pasar perumahan Israel, termasuk di pemukiman.

Di Tepi Barat, ada juga risiko dari warga Israel dan Palestina - yang dicakup oleh dua sistem kesehatan dan pemerintah yang berbeda - datang bersama-sama. Pemukiman Revivi, misalnya, berada di sebelah kota Bethlehem Palestina, dan penduduk sering bersentuhan satu sama lain. Ribuan warga Palestina, termasuk pekerja konstruksi, bekerja di permukiman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6174 seconds (0.1#10.140)