India dan China Sepakat Redam Ketegangan di Perbatasan

Sabtu, 05 September 2020 - 20:01 WIB
loading...
India dan China Sepakat Redam Ketegangan di Perbatasan
Truk tentara India bergerak menuju Ladakh, di Gagangeer, distrik Ganderbal, Kashmir, 3 September 2020. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - India dan China sepakat bekerja sama mengurangi ketegangan di sepanjang perbatasan setelah pertemuan menteri pertahanan (menhan) kedua negara.

Keduanya mengerahkan pasukan tambahan di sepanjang perbatasan wilayah Himalaya barat setelah bentrok pada Juni yang menewaskan 20 tentara India . China tidak menyebut jumlah tentaranya yang tewas dalam bentrok tanpa senjata api itu.

Menhan India Rajnath Singh dan Menhan China Jenderal Wei Fenghe bertemu pada Jumat (4/9) di sela acara Organisasi Kerja Sama Shanghai di Moskow.

“Kedua negara sepakat tidak bertindak yang memperumit situasi atau memanaskan masalah di wilayah perbatasan,” papar pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) India. (Baca Juga: Rusia Kerahkan 8 Jet Tempur untuk Cegat 3 Pembom AS di Dekat Crimea)

Wei menjelaskan kedua pihak harus mendorong perdamaian dan stabilitas serta meredam ketegangan. Dia menuduh ketegangan terbaru itu akibat India dan China akan menjaga kedaulatan dan wilayah nasionalnya. (Baca Infografis: Kolaborasi MiG-Sukhoi, Siap Hadirkan Jet Tempur Gen Ke-6 Rusia)

China mendesak India memperkuat kontrol pada pasukan perbatasannya, menahan diri dari aksi provokasi dan tidak menyebarkan informasi negatif. (Lihat Video: Orangtua Lalai, Bocah 2 Tahun Tewas di Dalam Ember)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)