Joe Biden Menang di 9 Negara Bagian, Sanders Unggul di California

Rabu, 04 Maret 2020 - 16:12 WIB
Joe Biden Menang di 9 Negara Bagian, Sanders Unggul di California
Joe Biden Menang di 9 Negara Bagian, Sanders Unggul di California
A A A
LOS ANGELES - Joe Biden meraih momentum dengan memenangkan sembilan negara bagian, termasuk Texas, dalam Super Tuesday. Adapun Bernie Sanders unggul di California yang merupakan pertarungan terbesar dalam pemilu pendahuluan Partai Demokrat itu.

Super Tuesday kali ini menjadi salah satu ukuran penting bagi para calon presiden (capres) dari Demokrat untuk menuju Gedung Putih. Warga Amerika Serikat (AS) di 14 negara bagian memberikan suaranya untuk capres yang akan melawan Presiden AS Donald Trump pada pemilu 3 November.

Biden menyapu bersih wilayah Selatan, Midwest dan New England. Dia juga menang di Texas yang merupakan hadiah terbesar setelah California.

Sanders banyak berinvestasi di Texas tapi dia justru menang di California.

"Untuk mereka yang terpukul jatuh, tertinggal di belakang, ini kampanye kalian," ungkap Biden, mantan wakil presiden AS yang awalnya tampil buruk pada tiga nominasi pertama.

"Kita sangat hidup," kata dia pada para pendukungnya di Los Angeles.

Dengan dukungan dari Afro Amerika, moderat dan lanjut usia (lansia), Biden juga menyapu kemenangan di Alabama, Arkansas, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Oklahoma, Tennessee dan Virginia.

Ini menjadi hasil spektakuler bagi Biden yang kampanyenya sempat pasrah setelah hasil buruk di Iowa dan New Hampshire. Hingga sepekan lalu, dia hanya membuntuti Sanders di sebagian besar negara bagian dalam berbagai survei nasional.

Kemenangan Biden di South Carolina pada Sabtu (29/2), berhasil menciptakan momentum baru bagi kampanyenya. Dia pun meraih gelombang dukungan dari para petinggi Demokrat dan mantan pesaing dalam nominasi ini termasuk mantan walikota South Bent, Indiana, Pete Buttigieg, dan Senator AS Amy Klobuchar dari Minnesota.

Sanders, yang awalnya diunggulkan di posisi puncak memenangkan Colorado, Utah dan negara bagian asalnya di Vermont, berdasarkan hitung cepat Edison Research.

Fox News dan AP memproyeksikan Sanders menang di California yang memiliki 415 delegasi, atau hadiah terbesar dalam Super Tuesday kali ini.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9093 seconds (0.1#10.140)