Trump Bela Remaja Bersenapan Penembak Mati 2 Orang dalam Protes Kenosha

Selasa, 01 September 2020 - 10:36 WIB
loading...
Trump Bela Remaja Bersenapan Penembak Mati 2 Orang dalam Protes Kenosha
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS/Leah Millis
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump membela seorang remaja berusia 17 tahun menembak mati dua orang selama protes di Kenosha , Wisconsin, Amerika Serikat (AS), Agustus lalu. Menurut presiden, remaja bersenjata itu berusaha melarikan diri dan akan dibunuh oleh para demonstran jika dia tidak mengumbar tembakan.

Trump pada hari Selasa (1/9/2020), Trump akan mengunjungi Kenosha, tempat protes terhadap kebrutalan polisi dan rasisme sejak Jacob Blake , seorang pria kulit hitam berusia 29 tahun, ditembak tujuh kali oleh polisi pada 23 Agustus dan dibiarkan lumpuh.

Pada malam ketiga protes, Kyle Rittenhouse , 17, menembak tiga pengunjuk rasa dengan senapan serbu, dua di antaranya tewas. (Baca: Tembak Mati 2 Orang Selama Kerusuhan Kenosha, Remaja 17 Tahun Ditangkap )

"Dia mencoba melarikan diri dari mereka...Dan kemudian dia jatuh dan kemudian mereka dengan sangat kejam menyerangnya," kata Trump pada sebuah briefing. "Saya rasa dia dalam masalah besar...Dia mungkin akan terbunuh," ujar presiden membela Rittenhouse, seperti dikutip Reuters.

Rittenhouse telah didakwa sebagai orang dewasa dengan dua tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu percobaan pembunuhan.

Presiden AS dari Partai Republik—yang telah menjadikan hukum dan ketertiban sebagai tema utama kampanye pemilu untuk dua periode jabatannya—tersebut menolak untuk mengutuk tindakan kekerasan oleh pendukungnya dan mencela apa yang dia sebut kerusuhan dan anarki yang dilakukan oleh pengunjuk rasa "sayap kiri". (Baca: Polisi AS Tembak Pria Kulit Hitam 7 Kali, Kerusuhan Pecah di Kenosha )

Mantan Wakil Presiden yang jadi calon presiden dari Partai Demokrat; Joe Biden, menuduh presiden Trump memicu kekerasan dengan retorikanya, sambil bersikeras agar perusuh dan penjarah dituntut.

"Malam ini, presiden menolak untuk menegur kekerasan. Dia bahkan tidak akan menyangkal salah satu pendukungnya yang dituduh melakukan pembunuhan karena serangannya terhadap orang lain. Dia terlalu lemah, terlalu takut dengan kebencian yang telah dia bangkitkan untuk diakhirinya itu," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Trump menyatakan kekerasan akan meningkat jika Biden menang dan menuduh mantan wakil presiden itu menyerah kepada massa sayap kiri. "Di Amerika, kami tidak akan pernah menyerah pada kekuasaan massa, karena jika massa berkuasa, demokrasi memang mati," kata Trump.

Penembakan polisi terhadap Jacob Blake di depan tiga anaknya di Kenosha, kota berpenduduk sekitar 100.000 orang di Danau Michigan, telah memicu gelombang baru protes nasional.

Protes musim panas AS sebelumnya dipicu setelah rekaman video menunjukkan seorang petugas polisi Minneapolis berlutut di leher seorang pria kulit hitam, George Floyd, selama hampir sembilan menit. Floyd kemudian meninggal, dan perwira polisi yang dipecat itu dituduh melakukan pembunuhan. (Baca juga: Refly Harun: Demonstrasi Minta Jokowi Mundur Bukan Makar )

Juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan kepada wartawan bahwa Trump berencana untuk melakukan survei kerusakan di Kenosha dan bertemu dengan pemilik bisnis. Trump mengabaikan Seruan dari beberapa pemimpin negara bagian dan lokal agar dia melupakan kunjungan tersebut.

Trump mengatakan dia tidak akan bertemu dengan keluarga Jacob Blake.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)