AS Akan Merugi Jika Jatuhkan Sanksi Terhadap India

Senin, 31 Agustus 2020 - 07:30 WIB
loading...
AS Akan Merugi Jika Jatuhkan Sanksi Terhadap India
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Rencana Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan sanksi kepada India, sebagai respon atas keputusan New Delhi membeli peralatan militer dari Rusia, hanya akan merugikan Washington. India dan Rusia menandatangani kesepakatan senilai USD 5,43 miliar untuk membeli sistem pertahanan rudal udara S-400 pada Oktober 2018.

(Baca juga : Geger Ibu Kandung di Aceh Tengah Kubur Hidup-hidup Bayinya )

Amit Cowshish, mantan penasihat keuangan Kementerian Pertahanan AS menuturkan, menjatuhkan sanksi pada India akan merugikan kepentingan Washington sendiri, karena India saat ini adalah salah satu pasar terbesar bagi AS.

(Baca: Bangunan Lima Lantai Ambruk di India Puluhan Orang Terperangkap )
(Baca juga : Bintang Syur Ron Jeremy Kena Tambahan 20 Dakwaan Serangan Seks, Korban 17 Wanita )


"Semua hubungan India-AS bergantung pada perdagangan pertahanan, tidak ada area lain di mana kami telah membuat kemajuan substansial," katanya, seperti dilansir Sputnik.

Terlepas dari kesepakatan perdagangan AS-India yang tergantung pada keseimbangan setelah beberapa putaran negosiasi mengenai tarif dan lain-lain, perdagangan pertahanan antara kedua negara telah menerima dorongan selama bertahun-tahun.

Perdagangan pertahanan antara India dan AS telah meningkat dari kurang dari USD 1 miliar pada tahun 2008, menjadi USD 18 miliar pada tahun 2019. Sesuai laporan SIPRI, AS sekarang menjadi pemasok senjata terbesar kedua ke India setelah mencatat pertumbuhan lebih dari 550% pada tahun 2013-2017 dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya.

Cowshish menggarisbawahi bahwa jika administrasi Donald Trump melanjutkan sanksi, India akan mengatakan bahwa mereka tidak dapat membeli peralatan dari AS, yang akan merugikan industri mereka sendiri dalam hal pasar tunggal yang besar, karena India adalah tujuan yang sangat menarik.

(Baca: Sama-sama Musuh India, China Jual Kapal Perang Canggih ke Pakistan )

Tanpa mengesampingkan kemungkinan AS menangani ancaman ini dan menjatuhkan sanksi, Cowshish mengatakan bahwa dia tidak berpikir bahwa ada peluang yang realistis karena jika AS ingin melakukan hal itu. "Mereka seharusnya melakukannya ketika kami memutuskan untuk pergi maju dengan S-400," ucapnya.

Dia juga menyebutkan bahwa para pejabat dan lembaga pemikir Amerika telah mengatakan bahwa CAATSA dimaksudkan untuk Turki dan bukan untuk India tetapi itu adalah kenyataan dan tidak ada pengecualian untuk India.

"Jika India membeli sesuatu dari Rusia, itu berarti masuk akal secara komersial dan strategis. Saya tidak berpikir India akan terpengaruh oleh ancaman Amerika dalam hal ini," ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)