Adu Pengaruh Benjamin Netanyahu vs Ali Khamenei, Siapa Lebih Unggul?

Senin, 28 Oktober 2024 - 13:16 WIB
loading...
Adu Pengaruh Benjamin...
PM Israel Benjamin Netanyahu dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, dua pemimpin yang sama-sama memiliki pengaruh kuat di Timur Tengah. Foto/Business Today
A A A
JAKARTA - Perbandingan pengaruh Benjamin Netanyahu dengan Ayatollah Ali Khamenei menarik diketahui. Kedua nama pemimpin di Timur Tengah tersebut sama-sama berstatus penting di negaranya, yakni Israel dan Iran.

Belakangan, ketegangan di Timur Tengah semakin memanas buntut perseteruan Iran dan Israel. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa momen ini bisa menjadi pemicu perang besar-besaran.

Dalam konflik yang terjadi antara Iran dan Israel, ada dua nama pemimpin yang disorot, yakni Netanyahu di sisi Israel serta Ali Khamenei di pihak Iran. Keduanya sama-sama punya pengaruh besar sebagai pemimpin negaranya.



Perbandingan Pengaruh Benjamin Netanyahu vs Ali Khamenei

1. Pengaruh di Internal Negara


Benjamin Netanyahu adalah Perdana Menteri (PM) Israel, sementara Ali Khamenei merupakan Pemimpin Tertinggi Iran. Berkaca pada statusnya, kedua sosok ini sama-sama menjadi orang nomor satu di negaranya masing-masing.

Sejalan dengan hal tersebut, pengaruh Netanyahu maupun Khamenei di negaranya bersifat mutlak. Namun, tetap ada perbedaan di antara keduanya soal pengaruh dalam negeri.

Pada sisi Khamenei, dia sangat dihormati mengingat statusnya yang juga imam Syiah di Iran. Jadi, selain menjadi pemimpin politik, Khamenei dianggap pula sebagai pemimpin agama di sana.

Sementara Netanyahu, dia memang statusnya PM Israel. Tetapi, reputasinya telah jeblok selama beberapa waktu terakhir di kalangan warganya.

Alasannya beragam, termasuk dianggap bertanggung jawab atas serangan Hamas 7 Oktober dan tak kunjung dibebaskannya tawanan Israel. Belum lagi, Netanyahu punya sederet kontroversi lain, termasuk skandal yang kerap menimpa para loyalisnya di pemerintahan.

2. Reputasi di Luar Negeri


Benjamin Netanyahu jelas dibenci banyak orang di dunia. Sebagai pemimpin negara Israel, dia selalu berbuat masalah dan seakan menantang negara-negara lain tanpa pandang bulu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)