Jenderal Tertinggi Zionis Sesumbar Israel Hanya Gunakan Secuil Kemampuan saat Serang Iran

Senin, 28 Oktober 2024 - 10:56 WIB
loading...
Jenderal Tertinggi Zionis...
Panglima Militer Israel Letnan Jenderal Herzi Halevi sesumbar pasukannya hanya menggunakan sedikit kemampuan dalam serangan terhadap Iran pada Sabtu pekan lalu. Foto/IDF
A A A
TEL AVIV - Panglima Militer Israel Letnan Jenderal Herzi Halevi sesumbar bahwa pasukannya hanya menggunakan sedikit kemampuannya dalam serangan terhadap Iran pada Sabtu pekan lalu.

Klaim jenderal tertinggi Zionis itu disampaikan di markas militer Kirya dalam pertemuan anggota Forum Staf Umum Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

"Pesan kami sangat, sangat jelas, dan berhubungan dengan peristiwa yang telah terjadi di seluruh Timur Tengah dalam beberapa bulan terakhir—'ancaman apa pun, di mana pun, kapan pun, kami akan tahu cara mengatasinya, kami akan tahu cara menyerang'," kata Kepala Staf IDF tersebut.



"Pesan ini sekarang diperkuat secara signifikan. Kami hanya menggunakan sebagian dari kemampuan kami; kami dapat melakukan lebih banyak lagi," lanjut Halevi.

"Kami menyerang sistem strategis di Iran, yang sangat penting, dan sekarang kami akan melihat bagaimana keadaan berkembang. Kami siap untuk semua skenario di setiap arena," imbuh dia, seperti dikutip dari laman IDF, Senin (28/10/2024).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengeklaim serangan udara terhadap Iran presisi dan kuat. Menurutnya, semua tujuan serangan tercapai dengan melumpuhkan kemampuan produksi rudal Teheran.

"Kami berjanji akan menanggapi serangan Iran dan pada hari Sabtu kami menyerang. Serangan di Iran presisi dan kuat, mencapai semua tujuannya," kata Netanyahu dalam pidatonya pada hari Minggu.

Serangan Israel merupakan balasan atas serangan Iran pada 1 Oktober, di mana Teheran menembakkan hampir 200 rudal ke negara Yahudi tersebut, yang diklaim rezim Zionis sebagian besar misil dicegat oleh sistem pertahanan udara.

"Iran menyerang Israel dengan ratusan rudal balistik dan serangan ini gagal," kata Netanyahu.

"Kami menepati janji kami. Angkatan Udara menyerang Iran dan menghantam kemampuan pertahanan dan produksi rudal Iran," lanjut dia.

Iran mengonfirmasi Israel telah menargetkan lokasi militer di sekitar ibu kota dan di provinsi lain, dengan mengatakan serangan itu menyebabkan kerusakan terbatas tetapi menewaskan empat tentara.

Republik Islam Iran belum memberi sinyal bagaimana mereka akan menanggapi serangan Israel pada hari Sabtu, yang dilaporkan melibatkan sekitar 100 pesawat termasuk jet tempur siluman F-35.

Serangan itu mengantam target di dekat Ibu Kota Iran; Teheran, dan di provinsi barat Ilam dan Khuzestan.

Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan perhitungan Israel harus digagalkan.

"Serangan terhadap Iran tidak boleh diremehkan atau dibesar-besarkan," katanya.

Ketua Parlemen Iran Mohammad Baqer Qalibaf mengatakan negaranya berhak untuk membela diri dan tanggapannya akan pasti, sesuai dengan persyaratan.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0746 seconds (0.1#10.140)