Rusia Tuding NATO Latih Tentara Ukraina untuk Menyerang Fasilitas Nuklir Rusia

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:40 WIB
loading...
Rusia Tuding NATO Latih...
Tentara Ukraina dilatih menyerang fasilitas nuklir Rusia. Foto/Kyiv Post
A A A
MOSKOW - Dinas intelijen Barat telah melatih penyabotase Ukraina untuk melakukan provokasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Rusia. Tudingan itu diungkapkan perwakilan tetap Moskow untuk PBB, Vassily Nebenzia.

Upaya Ukraina untuk menargetkan fasilitas nuklir di dalam Rusia adalah "sangat sembrono" dan dapat berakhir dengan menjerumuskan benua Eropa "ke dalam mimpi buruk radiasi," Nebenzia memperingatkan selama pertemuan tidak resmi Dewan Keamanan PBB.

Pihak berwenang di Moskow "memiliki informasi yang dapat dipercaya bahwa badan intelijen Barat, terutama MI6 Inggris, telah secara sistematis mempersiapkan kelompok sabotase dan pengintaian Ukraina untuk mengatur provokasi di pembangkit listrik tenaga nuklir di Rusia."

Di antaranya, Kiev dan pendukung asingnya tengah mengerjakan operasi untuk meledakkan kabel listrik yang menghubungkan pembangkit nuklir dengan jaringan energi nasional Rusia, tegas utusan tersebut.

Ia mengingat bagaimana selama konflik, "perwakilan negara-negara tertentu" menuduh Moskow, "bertentangan dengan akal sehat, telah mengacaukan situasi keamanan di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye (ZNPP), yang berada di bawah kendali kami." Fasilitas tersebut diamankan oleh pasukan Rusia pada Maret 2022.



Menurut Nebenzia, mereka yang membuat klaim tersebut "berusaha sebaik mungkin untuk mengabaikan fakta yang jelas bahwa serangan rutin dan gegabah terhadap ZNPP adalah strategi teroris yang disengaja dari Ukraina."

Moskow dan Kiev telah berulang kali saling menuduh menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, dan Kementerian Pertahanan Rusia telah mengatakan bahwa beberapa upaya oleh unit penyerang Ukraina untuk merebutnya kembali telah digagalkan. Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah mengonfirmasi serangan terhadap ZNPP, tetapi menolak menyebutkan nama pihak yang bertanggung jawab.

"Namun, berbagai peristiwa terkini melemahkan argumen semua pihak yang mencoba melindungi Angkatan Bersenjata Ukraina dalam kasus PLTN ZNPP," kata utusan tersebut, merujuk pada serbuan Kiev ke Wilayah Kursk Rusia, yang dimulai pada awal Agustus, dilansir RT.

"Ada bukti yang tak terbantahkan bahwa Kiev juga berencana untuk menyerang PLTN di Kursk," dengan Ukraina berencana untuk merebut dan menambang fasilitas tersebut, tegasnya.

Beruntunglah militer Rusia mencegah pasukan Ukraina mencapai PLTN, sehingga mencegah "bencana buatan manusia dan bencana buatan manusia berskala besar di Eropa," kata Nebenzia.

Utusan Rusia sekali lagi meminta badan-badan internasional, termasuk PBB dan IAEA, untuk mengutuk "tindakan provokatif" oleh Ukraina dan mencegah upaya lebih lanjut untuk merusak keamanan lokasi nuklir di Zaporozhye dan Kursk.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)