Serangan Israel Tampak Kuat tapi Tak Mengenai Infrastruktur Utama Iran

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:28 WIB
loading...
Serangan Israel Tampak...
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant terlihat setelah serangan terhadap Iran, 26 Oktober 2024. Foto/Avi Ohayon/GPO
A A A
TEHERAN - Direktur proyek untuk Iran di International Crisis Group Ali Vaez mengatakan serangan Israel terhadap Iran sejauh ini tampak berada di "kisaran tengah" dari kemungkinan-kemungkinannya.

“Serangan itu jauh lebih kuat daripada tanggapannya terhadap serangan Iran sebelumnya pada bulan April, tetapi tidak sampai menargetkan infrastruktur utama atau fasilitas nuklir," ungkap Vaez kepada Al Jazeera.

"Pertanyaannya sekarang adalah, pertama, apakah ini cakupan penuh tanggapannya, dan kedua, apakah Teheran akan menyerap serangan itu dan mencoba menarik garis di bawah pertukaran ini atau menaikkan taruhan lagi dengan tanggapan balasan," ujar Vaez.

Dia mencatat, “Iran sekarang memiliki beberapa opsi untuk tanggapannya, yang masing-masing memiliki risiko besar."

“Iran sekarang dapat melancarkan serangan terhadap Israel dan menghadapi pembalasan lain yang mungkin lebih besar, atau dapat menyerang melalui berbagai kelompok yang berpihak pada negara itu, yang telah dilemahkan secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir,” ungkap dia.

Dia menjelaskan, “Pilihan lain adalah menargetkan kepentingan Amerika Serikat (AS) di tempat lain di kawasan itu tetapi kemudian Iran tidak hanya akan berhadapan dengan Israel, tetapi juga AS."

Sejak dimulainya perang di Gaza, AS telah mengerahkan peralatan militer di kawasan itu, termasuk sistem pertahanan udara dan pesawat tempur AS yang canggih.

“Pergerakan ini, memiliki dua tujuan: Menghalangi Iran untuk melakukan respons, dan melindungi Israel dari respons jika itu gagal," ungkap dia.

Kantor berita milik pemerintah IRNA mengatakan, “Pertahanan udara Iran telah berhasil menembak jatuh target musuh di wilayah udara sekitar provinsi Teheran."

Rekaman yang dibagikan secara daring menangkap apa yang tampak seperti intersepsi di atas ibu kota Iran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)