Skenario China Blokade Taiwan, Sinyal Perang Akan Dimulai?

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:59 WIB
loading...
Skenario China Blokade...
Taiwan sangat marah dengan skenario blokade negara tersebut. Foto/X/@TaiwansDefense
A A A
TAIPEI - Blokade China yang sebenarnya terhadap Taiwan akan menjadi tindakan perang dan memiliki konsekuensi yang luas bagi perdagangan internasional.

Itu diungkapkan Menteri Pertahanan Wellington Koo pada Rabu setelah latihan perang minggu lalu oleh China yang mempraktikkan skenario semacam itu.

China, yang memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, selama lima tahun terakhir telah menggelar aktivitas militer hampir setiap hari di sekitar pulau itu, termasuk latihan perang yang telah mempraktikkan blokade dan serangan terhadap pelabuhan. Pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan Beijing.

Latihan perang terbaru China di sekitar pulau itu, yang dilakukan minggu lalu, termasuk simulasi blokade pelabuhan dan area utama, dan penyerangan target maritim dan darat, kata Beijing.

Berbicara kepada wartawan di parlemen, Koo mencatat bahwa sementara "Joint Sword-2024B" itu menggambarkan area latihan, tidak ada zona larangan terbang atau larangan berlayar.

"Jika Anda benar-benar ingin melakukan apa yang disebut blokade, yang menurut hukum internasional adalah melarang semua pesawat dan kapal memasuki area tersebut, maka, menurut resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, itu dianggap sebagai bentuk perang," katanya, dilansir CNN.



"Saya ingin menekankan bahwa latihan dan latihan sama sekali berbeda dari blokade, seperti halnya dampaknya terhadap komunitas internasional." Menunjuk pada data yang menunjukkan seperlima dari pengiriman global melewati Selat Taiwan, blokade akan berdampak di luar Taiwan, kata Koo.

“Masyarakat internasional tidak bisa hanya duduk diam dan menonton.”

Sementara permainan perang tersebut hanya berlangsung sehari, aktivitas militer Tiongkok terus berlanjut. Tiongkok tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan sebelumnya pada hari Rabu bahwa sebuah kelompok kapal induk Tiongkok berlayar melalui Selat Taiwan, melakukan perjalanan ke arah utara setelah melewati perairan dekat Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Kementerian tersebut mengatakan kapal-kapal China, yang dipimpin oleh Liaoning, kapal induk tertua dari tiga kapal induk China, terlihat pada Selasa malam, dan pasukannya memantau armada tersebut. Kapal-kapal Pratas berada di ujung utara Laut Cina Selatan.

Koo mengatakan Liaoning berlayar ke sisi barat garis tengah selat tersebut, sebuah penghalang tidak resmi antara kedua sisi yang menurut China tidak diakuinya.

Kementerian Pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Liaoning terlibat dalam latihan perang China yang sama minggu lalu di dekat Taiwan.

Taiwan mengatakan pada saat itu bahwa Liaoning beroperasi di lepas pantai tenggara pulau itu selama latihan tersebut, meluncurkan pesawat dari deknya.

Jepang mengatakan bulan lalu kapal induk yang sama telah memasuki perairan Jepang untuk pertama kalinya.

China telah mengarungi selat strategis tersebut sebelumnya, termasuk pada bulan Desember sesaat sebelum Taiwan mengadakan pemilihan umum.

China mengatakan hanya mereka yang memiliki yurisdiksi atas jalur air selebar hampir 180 kilometer (110 mil) yang merupakan jalur utama untuk perdagangan internasional. Taiwan dan Amerika Serikat membantahnya, dengan mengatakan Selat Taiwan adalah jalur air internasional.

Angkatan Laut AS secara teratur berlayar melalui selat tersebut untuk menegaskan hak kebebasan navigasi. Negara-negara sekutu lainnya, seperti Kanada, Jerman, dan Inggris juga telah melaksanakan misi serupa, yang membuat Beijing marah.

Taiwan juga khawatir tentang penggunaan penjaga pantainya oleh Tiongkok dalam permainan perang baru-baru ini, dan khususnya khawatir kapal-kapal sipil Taiwan mungkin akan dinaiki dan diperiksa karena Beijing berusaha untuk menegaskan otoritas hukum di selat tersebut.

Penjaga pantai Taiwan, dalam sebuah laporan kepada parlemen pada hari Rabu, mengatakan jika itu terjadi, kapal-kapalnya akan menanggapi dengan prinsip "tidak memprovokasi atau mundur" dan menghentikan tindakan tersebut "dengan sekuat tenaga."
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)