6 Alasan PM Netanyahu Melanjutkan Perang Gaza setelah Membunuh Yahya Sinwar

Senin, 21 Oktober 2024 - 19:10 WIB
loading...
A A A
“Saya tidak percaya kematian Sinwar mengubah perhitungan Israel dalam hal keinginan Netanyahu untuk melanjutkan penghancuran dan depopulasi Jalur Gaza,” kata Omar Rahman, peneliti tamu di Israel-Palestina untuk lembaga pemikir Middle East Council on Global Affairs di Doha.

Perang Israel terhadap warga sipil Gaza dimulai sebagai respons nyata terhadap serangan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan 1.139 orang terbunuh di Israel dan sekitar 250 orang ditawan.

Gaza telah menderita sejak pengepungan yang dilakukan Israel pada tahun 2007, dengan standar hidup yang memburuk hingga pengamat internasional dan pemimpin dunia segera menyebutnya sebagai "penjara terbuka terbesar di dunia".

Israel baru saja mengakhiri pendudukan fisiknya di Gaza pada tahun 2005 – menarik kehadiran militernya dan mengosongkan pemukiman ilegal yang ditempati pemukim Israel. Namun, tindakan tersebut tidak ada hubungannya dengan penyerahan wilayah dan akhirnya status kenegaraan kepada Palestina.

Perdana Menteri Israel saat itu Ariel Sharon hanya percaya bahwa pemukim Israel di Gaza dikelilingi oleh terlalu banyak warga Palestina, sehingga membuat mereka menjadi beban bagi lembaga keamanan. Ia lebih memilih untuk menarik diri dari Gaza dan fokus pada perluasan pemukiman di Tepi Barat.


4. Ingin Membunuh Lebih Banyak Pemimpin Hamas

Ini bukan hal yang luar biasa karena Israel secara historis telah menghalangi solusi politik yang akan mewujudkan negara Palestina yang berdaulat penuh, Yezid Sayigh, seorang pakar Israel-Palestina dan Timur Tengah untuk lembaga pemikir Carnegie Middle East Center di Beirut, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Israel telah membunuh banyak pemimpin Palestina sebelumnya dan akan terus melakukannya. Tidak ada yang pernah berubah karena, pada dasarnya, pemerintahan Israel berturut-turut – bahkan di bawah Partai Buruh, bukan hanya Likud – tidak mau menyerahkan wilayah atau menyerahkan kedaulatan Palestina yang sejati,” katanya.

“Hasilnya: [Israel] telah mengunci diri dalam konflik permanen dan mereka terus selama ini lebih memilih tanggapan militer karena mereka menempatkan diri mereka dalam posisi di mana tidak ada solusi politik,” tambahnya.

Netanyahu tampaknya melanjutkan tren itu.

Pada hari Jumat, ia mengatakan Israel harus melanjutkan perangnya di Gaza untuk "menyelamatkan tawanan Israel yang tersisa" dan di Lebanon, yang mana Israel telah membuka front lain dalam upaya nyata untuk "membubarkan Hizbullah dan memulihkan keamanan di Israel utara".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0759 seconds (0.1#10.140)