Mahmoud Abbas Akhirnya Ikut Berduka atas Kematian Yahya Sinwar

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Hamas yang beraliran Islam bukanlah anggota PLO, yang didominasi oleh sejumlah partai sekuler dan sosialis.

Fatah, yang mengendalikan PLO dan PA di Tepi Barat, memiliki hubungan yang tegang dengan Hamas sejak Hamas secara brutal merebut kendali Jalur Gaza pada tahun 2007 dan menyingkirkan pejabat Fatah dari kekuasaan di daerah kantong pantai tersebut, setelah Israel secara sepihak menarik diri dari seluruh Jalur tersebut pada tahun 2005.

Abbas mengkritik Hamas karena memberi Israel "lebih banyak alasan dan alasan untuk menyerang di Jalur Gaza" dengan pembantaian pada tanggal 7 Oktober 2023, yang diatur oleh Sinwar. Namun, ia enggan mengutuk keras kekejaman Hamas, karena kelompok teror tersebut menikmati dukungan luas di jalanan Palestina.

Israel telah lama menuduh Abbas dan PA mendukung teror dengan mengagungkan pejuang sebagai "martir" dan membayar tunjangan kepada pelaku teror yang dipenjara dan keluarga teroris yang terbunuh.

Israel juga menuduh PA menghasut kebencian terhadap Israel dalam sistem pendidikannya. Fatah secara teratur memuji tindakan teroris Palestina dan pejabat senior Fatah terkadang menyatakan dukungannya terhadap Hamas dan serangan mematikannya terhadap warga Israel.

Abbas telah mengindikasikan bahwa PA bersedia mengambil alih kendali atas Jalur Gaza setelah Hamas disingkirkan dari kekuasaan di sana — dengan syarat berdirinya negara Palestina di sepanjang perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Para pemimpin dunia termasuk AS telah mendorong Otoritas Palestina yang "direformasi" untuk mengambil alih kendali di Gaza.

Namun Israel menampik anggapan tersebut, dan menyatakan bahwa badan yang mendukung terorisme tidak akan memerintah Jalur Gaza.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0757 seconds (0.1#10.140)