10 Tanda Mengkhawatirkan Meningkatnya Kemiskinan di China

Rabu, 16 Oktober 2024 - 09:42 WIB
loading...
10 Tanda Mengkhawatirkan...
Ada 10 tanda mengkhawatirkan meningkatnya kemiskinan di China. Foto/China Daily
A A A
BEIJING - Pada tahun 2012, Presiden China Xi Jinping memperkenalkan Impian China (Chinese Dream), yang mendorong peremajaan nasional melalui kemakmuran, kebanggaan, dan kebahagiaan. Namun, di bawah kepemimpinannya, China menghadapi tantangan signifikan.

Perekonomian China terus menurun, dan banyak warga yang masih berjuang keras untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebuah survei pada tahun 2014 menunjukkan 77 persen warga China merasa lebih kaya daripada lima tahun sebelumnya. Tetapi sepuluh tahun kemudian, hanya 39 persen yang merasa sama, yang menunjukkan meningkatnya kemiskinan.

Song Guocheng, seorang peneliti senior dari Centre for International Relations Research (CIRR) dan National Chung Cheng University Taiwan, menyoroti sepuluh tantangan utama warga China saat ini: makan, berpakaian, sekolah, mencari pekerjaan, pernikahan, melahirkan anak, perumahan, perawatan medis, perawatan lansia, dan pengaturan pemakaman.



Mengutip dari Geopolitico.gr, Rabu (16/10/2024), Song mengamati bahwa China sedang mengalami transformasi signifikan dari Impian China menjadi kemiskinan yang meluas.

Dia menggambarkan situasi ekonomi China saat ini sebagai "masalah mendalam dan tidak dapat disembuhkan”, serta menyoroti sepuluh masalah utama yang dialami negara tersebut.

Kesenjangan dan Generasi “Rambut Perak”


Pertama, kesenjangan ekstrem antara si kaya dan si miskin. Menurut statistik Partai Komunis China (CCP), 960 juta warga, hampir 70 persen dari total populasi, berpenghasilan kurang dari RMB2.000 (setara Rp4,3 juta) per bulan. Sementara itu, 1 persen dari populasi China menguasai 90 persen kekayaan negara, menyisakan 99 persen sisanya dengan hanya 10 persen.

Data World Bank menunjukkan bahwa sekitar 200 juta warga China hidup dalam kemiskinan, dan kesenjangan kekayaan antara keluarga terkaya dan termiskin adalah 359 kali lipat. Hal ini menyoroti ketimpangan ekstrem di negara tersebut.

Kedua, munculnya gunung berapi sosial. Menurut Wall Street Journal (WSJ), survei bersama oleh para sarjana China dan asing berjudul "Gunung Berapi Sosial" mengungkap adanya pergeseran persepsi. Sebelumnya, warga China mengaitkan kemiskinan dengan kekurangan pribadi seperti kurangnya kemampuan atau usaha. Sekarang, mereka menyalahkan kesempatan yang tidak setara dan sistem ekonomi yang tidak adil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)