Siapa Bezalel Smotrich? Menkeu Israel yang Ingin Zionis Menginvasi Suriah hingga Arab Saudi

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:41 WIB
loading...
Siapa Bezalel Smotrich?...
Bezalel Smotrich menyerukan Israel menginvasi Suriah hingga Arab Saudi. Foto/Jerusalem Post
A A A
GAZA - Menteri Keuangan Israel yang berhaluan kanan jauh, Bezalel Smotrich, menuai kritik karena menyerukan Israel untuk memperluas perbatasannya ke Damaskus dalam sebuah film dokumenter baru-baru ini.

Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter, In Israel: Ministers of Chaos, yang diproduksi oleh saluran layanan publik Eropa, Arte, Smotrich mengklaim bahwa Israel akan memperluas wilayahnya "sedikit demi sedikit" dan akhirnya mencakup semua wilayah Palestina serta Yordania, Lebanon, Mesir, Suriah, Irak, dan Arab Saudi.

"Telah tertulis bahwa masa depan Yerusalem akan meluas ke Damaskus," katanya, mengutip ideologi "Israel Raya", yang membayangkan perluasan negara di seluruh Timur Tengah.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengutuk pernyataan yang menghasut tersebut dengan mengatakan bahwa pernyataan tersebut menyoroti ideologi Smotrich yang berbahaya dan "rasis".

Smotrich sebelumnya mengutip konsep tersebut pada sebuah upacara peringatan untuk seorang aktivis Likud di Paris. Ketika berbicara dari podium yang dihiasi dengan peta Israel yang mencakup Yordania, ia mengklaim bahwa "tidak ada yang namanya" orang Palestina.

Siapa Bezalel Smotrich? Menkeu Israel yang Ingin Zionis Menginvasi Suriah hingga Arab Saudi

1. Politikus Berhaluan Sayap Kanan

Smotrich adalah menteri keuangan Israel saat ini dan menteri pertahanan tambahan yang bertanggung jawab untuk memperluas kebijakan pertahanan di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Smotrich juga merupakan mantan Menteri Transportasi dan pemimpin Partai Zionis Religius. Sebelumnya, ia menjabat sebagai anggota Knesset untuk Yamina — aliansi politik partai-partai religius Zionis sayap kanan.

2. Memiliki Cara Berpikir Ekstrimis

Smotrich telah mengukir ceruk yang kontroversial untuk dirinya sendiri, khususnya melalui sudut pandang pandangannya yang sangat kanan dan ekstremis. Lintasan politiknya telah ditandai oleh penentangan keras terhadap negara Palestina, yang berpihak pada faksi yang mengadvokasi aneksasi wilayah Palestina.

Penolakan terhadap solusi dua negara yang didukung secara internasional ini dipadukan dengan dukungan aktif untuk perluasan permukiman Israel di Tepi Barat, yang mencerminkan visi yang semakin memperumit lanskap geopolitik Timur Tengah yang sudah rapuh.


3. Sangat Diskriminatif Terhadap Orang Arab

Salah satu aspek yang paling kontroversial dari ideologi Smotrich adalah sikapnya yang sangat diskriminatif, yang terlihat dalam seruannya kepada pengembang perumahan untuk tidak menjual rumah kepada orang Arab.

Pernyataan kontroversial ini, yang disampaikan selama pertemuan Knesset Interior pada tahun 2015, tidak hanya menimbulkan kekhawatiran tentang praktik diskriminatif tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang mendorong ketegangan etnis dan agama dalam masyarakat Israel.

Permusuhan Menteri terhadap warga Palestina melampaui kebijakan perumahan, yang mencakup penolakan menyeluruh terhadap hak, identitas, dan sejarah mereka. Penolakannya untuk mengakui narasi Palestina yang berbeda tidak hanya merendahkan martabat seluruh penduduk tetapi juga melanggengkan suasana permusuhan dan intoleransi yang beracun.

4. Mendorong Tentara Israel Menembak Warga Palestina Tanpa Ampun

Lebih jauh, Smotrich telah menganjurkan tindakan terhadap warga Palestina, termasuk mendukung kebijakan tembak-menembak bagi militer saat berhadapan dengan orang-orang yang melempar batu. Posisinya yang teguh terhadap tindakan yang tidak manusiawi dan ilegal ini menimbulkan kekhawatiran tentang potensi penggunaan kekuatan yang berlebihan dan mengabaikan hak asasi manusia yang mendasar dalam mengejar tujuan keamanan.

Sikap kontroversial Smotrich terhadap apa yang disebut serangan "price tag" yang dilakukan oleh pemukim teroris Yahudi, di mana ia tidak mengkategorikannya sebagai terorisme, telah menambah bahan bakar ke dalam api. Posisi ini khususnya dikritik dalam konteks insiden seperti pembakaran Duma, di mana sebuah keluarga Palestina termasuk seorang bayi dibakar hidup-hidup oleh para pemukim.

5. Pernah Menyerukan Pemusnahan Satu Desa di Palestina

Pernyataan yang tidak manusiawi oleh Smotrich, seperti seruannya untuk pemusnahan desa Huwara setelah insiden kekerasan, semakin berkontribusi pada narasi yang merusak martabat dan kemanusiaan rakyat Palestina. Retorika yang menghasut seperti itu, yang berasal dari seorang pejabat pemerintah, tidak hanya memperburuk ketegangan tetapi juga menghambat upaya menuju perdamaian dan koeksistensi.

Di luar pandangannya tentang konflik Israel-Palestina, Smotrich juga menuai kritik yang signifikan atas sikapnya yang regresif terhadap hak-hak LGBTQ+. Dia telah terang-terangan menentang komunitas LGBTQ+, bahkan sampai menyebut parade kebanggaan LGBTQ+ di Yerusalem sebagai "parade binatang buas."

Pandangan ekstremis Bezalel Smotrich, yang mencakup sentimen anti-Palestina, anti-Arab, dan anti-LGBTQ+, terus menjadi sumber kekhawatiran domestik dan internasional, yang menantang prospek penyelesaian yang adil dan abadi bagi konflik Israel-Palestina.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)