Sama Seperti Manusia, Lumba-lumba Juga Ada yang Kidal

Minggu, 15 Desember 2019 - 13:59 WIB
Sama Seperti Manusia, Lumba-lumba Juga Ada yang Kidal
Sama Seperti Manusia, Lumba-lumba Juga Ada yang Kidal
A A A
WASHINGTON -

Di dunia ini, ada manusia yang dominan tangan kanan dan ada juga tangan kiri atau yang disebut kidal. Ternyata, hal serupa juga ternyata terdapat di dunia binatang.

Menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, seperti dilansir Sputnik, lumba-lumba adalah salah satu spesies binatang yang di dalamnya ada yang dominan kanan dan ada juga yang kidal.

"Lumba-lumba juga bisa kidal atau kanan, seperti selayaknya manusia dan menunjukkan preferensi ini ketika mencari makanan," kata studi terbaru tersebut.

Namun, berdasarkan studi tersebut, lumba-lumba kidal terbilang sangat langka. Studi mengungkapkan bahwa dari 27 lumba-lumba yang diteliti, hanya satu yang tampak menyukai menggunakan sisi kirinya.

Menurut para ilmuwan, hal itu menunjukkan spesialisasi utama di sisi kiri otak lumba-lumba tersebut. Lumba-lumba itu, menurut para ilmuwan memproses informasi yang didapat dari mata kanan mereka.

Lumba-lumba menggunakan teknik yang disebut 'makan kawah', di mana mereka akan berenang perlahan di dasar laut mencari makanan, dan ketika mereka mendeteksi mangsa mereka, mereka berbelok tajam ke arah mangsa.

Menurut penelitian yang dilakukan antara 2012 hingga 2018, para ilmuwan menemukan bahwa lumba-lumba memiliki preferensi yang signifikan untuk berbelok ke kanan. Kurang dari satu persen yang berbelok ke kiri saat berburu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)