Hongaria Sebut Ukraina Gabung NATO Dapat Picu Perang Dunia III

Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:06 WIB
loading...
A A A
Ukraina, menurut pernyataan bersama tersebut, akan diundang untuk bergabung dengan NATO setelah menyelesaikan reformasi ekonomi, keamanan, dan demokrasi yang diperlukan dan negara-negara anggota menyetujui pengajuannya.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengutip ekspansi NATO ke arah timur sebagai salah satu pendorong di balik apa yang disebutnya "operasi militer khusus" Moskow di Ukraina.

Putin juga menegaskan bahwa Kyiv harus membatalkan upayanya untuk menjadi anggota NATO dan menyerahkan empat wilayahnya sebagai prasyarat untuk setiap pembicaraan damai atau gencatan senjata.

Selama kunjungannya ke Ukraina minggu lalu, Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte mengatakan dia dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membahas upaya yang sedang berlangsung oleh blok beranggotakan 32 negara itu untuk memenuhi kebutuhan negara itu sementara Rusia melanjutkan serangannya.

"NATO mendukung Ukraina, demi keamanan Anda dan demi keamanan kita," kata Rutte.

Zelensky mengatakan bahwa dia telah menegaskan kembali seruannya kepada anggota NATO untuk mengizinkan senjata yang mereka berikan kepada Ukraina diluncurkan terhadap target yang lebih dalam di Rusia.
Permintaan itu sejauh ini telah ditentang oleh Washington dan negara lain karena takut berpotensi meningkatkan konflik.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)