Peringatan 1 Tahun Perang Gaza, Demonstrasi Pro-Palestina Menggema di Seluruh Dunia

Minggu, 06 Oktober 2024 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Melansir Al Jazeera, unjuk rasa berlangsung tenang hingga sekelompok kecil orang mencoba mendorong unjuk rasa ke arah pusat kota, meskipun ada larangan dari otoritas setempat yang menolak mengizinkan protes, dengan alasan masalah keamanan.

Beberapa pengunjuk rasa, berpakaian hitam dan dengan wajah tertutup, melemparkan batu, botol, dan bom kertas ke arah polisi, yang menanggapi dengan gas air mata dan meriam air, yang akhirnya membubarkan massa.

Setidaknya 30 petugas penegak hukum dan tiga demonstran terluka dalam bentrokan tersebut, media lokal melaporkan.

Sekitar 40.000 demonstran pro-Palestina berbaris melalui pusat kota London pada hari Sabtu, salah satu demonstrasi terbesarnya dalam setahun.

"Sayangnya, terlepas dari semua niat baik kami, pemerintah Israel tidak memperhatikan, dan mereka terus melanjutkan kekejaman mereka di Gaza, sekarang juga di Lebanon dan Yaman, dan mungkin juga di Iran," Agnes Kory, seorang pengunjuk rasa di London, mengatakan kepada kantor berita Reuters.

"Dan pemerintah kami, pemerintah Inggris kami, sayangnya hanya sekadar basa-basi dan terus memasok senjata ke Israel," tambahnya.

Di Dublin, beberapa ratus orang turun ke jalan, melambaikan bendera Palestina dan meneriakkan: "Gencatan senjata sekarang!"

Di Prancis, ribuan orang berbaris di Paris, Lyon, Toulouse, Bordeaux, dan Strasbourg untuk menyatakan solidaritas dengan Palestina.

Orang-orang mengambil bagian dalam unjuk rasa yang diselenggarakan oleh asosiasi France Palestine Solidarite (AFPS) untuk mendukung rakyat Palestina, di Paris, pada tanggal 5 Oktober 2024.

Pengunjuk rasa Lebanon-Prancis Houssam Houssein mengatakan kepada Reuters di Paris bahwa ia khawatir akan terjadinya "perang regional, karena ada ketegangan dengan Iran saat ini, dan mungkin dengan Irak dan Yaman".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)