Konvoi Militer Tabrakan di Suriah, Pentagon Sebut Rusia Provokatif dan Agresif

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 10:57 WIB
loading...
Konvoi Militer Tabrakan di Suriah, Pentagon Sebut Rusia Provokatif dan Agresif
Pentagon mengecam militer Rusia atas insiden tabrakan yang terjadi antara konvoi militer Amerika Serikat (AS) dan negara itu di Suriah timur. Foto/Military Times
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengecam militer Rusia atas insiden tabrakan yang terjadi antara konvoi militer Amerika Serikat (AS) dan negara itu di Suriah timur. Pentagon menyebutnya sebagai perilaku provokatif dan agresif yang disengaja yang melukai banyak tentara AS.

"Pasukan Rusia melanggar pengaturan dekonflik kami di Suriah dan melukai anggota militer AS dengan perilaku provokatif dan agresif mereka yang sengaja," kata Kepala Juru Bicara Pentagon Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan.

"Kami telah menasihati Rusia bahwa perilaku mereka berbahaya dan tidak dapat diterima. Kami mengharapkan kembali ke (perilaku) dekonflik yang rutin dan profesional di Suriah serta berhak untuk mempertahankan pasukan kami dengan penuh semangat setiap kali keselamatan mereka terancam," tambahnya seperti dikutip dari CNN, Jumat (28/8/2020).

Ini adalah komentar publik pertama Departemen Pertahanan AS itu tentang insiden yang terjadi Selasa lalu. (Baca: Konvoi Militer AS-Rusia Tabrakan di Suriah, Beberapa Tentara Gegar Otak )

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan militer AS atas insiden tersebut. Peristiwa itu lantas menjadi subjek pembicaraan Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley dan mitranya, Kepala Staf Rusia Jenderal Valery Gerasimov via telepon.

Pernyataan Rusia mengklaim bahwa AS telah diberitahu tentang pergerakan konvoi Rusia dan tabrakan itu terjadi setelah pasukan AS mencoba memblokir patroli Rusia. (Baca: Rusia Sebut Tentara AS Coba Hadang Konvoi Militer Mereka di Suriah )

Tetapi Komando Pusat AS, yang mengawasi operasi militer Amerika, bersikeras bahwa pihaknya belum menerima pemberitahuan sebelumnya tentang pergerakan pasukan Rusia.

"Rusia tidak menggunakan tindakan dekonflik yang mapan untuk meminta lewatnya konvoi Rusia melalui Area Keamanan Suriah Timur (ESSA) dekat Dayrick pada 25 Agustus," kata juru bicara Komando Pusat Kapten William Urban dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan konvoi Rusia menghadapi patroli gabungan AS-SDF setelah serangan tidak sah mereka dan melanjutkan dengan agresif serta sembrono mengejar konvoi pasukan Koalisi termasuk menghantam samping kendaraan AS dan helikopter Rusia terbang sangat rendah, yang mengakibatkan tujuh Tentara AS menerima luka-luka yang dievaluasi dan dirawat setelah konvoi Koalisi kembali ke pangkalan.

Militer mengatakan ketujuh anggota layanan AS yang diperiksa dan dirawat karena cedera telah kembali bertugas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)