Subhi al-Tufayli, Pendiri Hizbullah yang Kini Ikut Mengecam Kelompok Tersebut

Rabu, 02 Oktober 2024 - 17:30 WIB
loading...
Subhi al-Tufayli, Pendiri...
Subhi al-Tufayli merupakan pendiri Hizbullah. Foto/anadolu
A A A
BEIRUT - Subhi al-Tufayli yang merupakan pendiri Hizbullah, kini justru memberi kritik tajam pada kelompok yang dibuatnya tersebut. Kritik yang diberikan ini terkait kebijakan Hizbullah terhadap Suriah.

Subhi al-Tufayli merupakan politikus senior Syiah Lebanon yang mendirikan kelompok Hizbullah pada tahun 1982 dan menjadi Sekretaris Jenderal pertama dari tahun 1989 hingga 1991.

Al-Tufayli adalah seorang Islam Syiah, namun ia sangat vokal mengkritik Iran dan kepemimpinan Hizbullah saat ini.

Perpecahan Tufayli dengan Hezbollah muncul pada tahun 1990-an setelah kematian salah satu pendirinya, Abbas al-Musawi, ketika faksi Hassan Nasrallah yang didukung oleh Iran mulai menjadi dominan.

Perselisihan utama adalah mengenai desakan Tufayli untuk menghindari politik Lebanon dan sebaliknya fokus pada memerangi pemberontakan bersenjata melawan Israel, yang diremehkan oleh faksi Nasrallah.

Setelah konfrontasi kekerasan antara pengikut Tufayli dan anggota Hizbullah, ia diusir dari kelompok yang dibuatnya pada tahun 1998.

Subhi al-Tufayli Mengecam Hizbullah


Dalam wawancara eksklusif dengan Anadolu Agency, al-Tufayli mendesak Arab Saudi untuk mempersenjatai oposisi anti-rezim di Suriah, bukan apa yang ia gambarkan sebagai tentara Lebanon yang dikendalikan Hizbullah.

Al-Tufayli kemudian mengecam dukungan Iran terhadap rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. "Dukungan Iran tidak ada hubungannya dengan Islam. Itu hanya terkait dengan tujuan nasionalis dan ekspansionis," ujar dia.

Al-Tufayli juga mengatakan pimpinan Hizbullah di Lebanon awalnya menentang keterlibatan kelompok itu dalam konflik di negara tetangga.

Mantan pemimpin Hizbullah itu juga memperingatkan Hizbullah akan menjadi korban utama dari setiap perubahan rezim di Suriah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)