Ratusan Tank Israel Siaga di Perbatasan Lebanon

Senin, 30 September 2024 - 21:13 WIB
loading...
Ratusan Tank Israel...
Ratusan tank Israel siaga di perbatasan Lebanon. Foto/X/@warintel4u
A A A
BEIRUT - Ratusan tank Israel berkumpul di sepanjang perbatasan Lebanon saat kekhawatiran akan invasi darat ke negara itu meningkat. Pasukan Pertahanan Israel juga mengumumkan telah memobilisasi dua brigade cadangan untuk operasinya di perbatasan Utara.

Tank dan pasukan tersebut difoto setelah Hizbullah mengonfirmasi bahwa pemimpinnya Hassan Nasrallah tewas dalam serangan udara pada hari Jumat di Beirut bersama dengan beberapa komandan senior lainnya, menurut penyiar Inggris SkyNews.

Pada hari Senin, wakil pemimpin Hizbullah Naim Kassem berjanji dalam sebuah pengumuman di TV bahwa kelompok militan tersebut akan terus bertempur, dengan mengatakan bahwa mereka siap menghadapi eskalasi Israel lebih lanjut, termasuk kemungkinan invasi darat.

"Israel tidak dapat memengaruhi kemampuan (militer) kami," kata Kassem, dilansir Time. "Ada wakil komandan dan ada pengganti jika seorang komandan terluka di pos mana pun."



Lebih dari 1.000 orang telah tewas akibat serangan Israel dalam dua minggu terakhir, seperempatnya adalah wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Lebanon. Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat saat tim penyelamat menyisir puing-puing puluhan bangunan yang telah dihancurkan.

Sebanyak 1 juta orang di Lebanon mungkin telah mengungsi di tengah rentetan serangan itu, kata Perdana Menteri Najib Mikati. Ia menambahkan bahwa skala pengungsian tersebut adalah yang terbesar dalam sejarah Lebanon. Serangan tersebut terkonsentrasi di pinggiran selatan Beirut, tetapi serangan udara menghantam sebuah gedung apartemen di dalam batas kota pada hari Senin, yang merupakan kejadian pertama dalam hampir satu tahun konflik.

Hizbullah telah menanggapi eskalasi tajam Israel dengan meningkatkan tembakan roket ke wilayah Israel, dari puluhan menjadi beberapa ratus setiap hari, kata IDF. Serangan tersebut telah melukai beberapa orang, tetapi sebagian besar roket dan drone dicegat oleh pertahanan udara atau jatuh di lapangan terbuka.

Pemerintahan Biden telah menyerukan gencatan senjata selama 21 hari setelah serangan pager kembar dan walkie-talkie pada tanggal 17 dan 18 September yang menandai dimulainya eskalasi.

Tujuan Israel yang dinyatakan adalah untuk mengakhiri tembakan roket Hizbullah ke Israel utara untuk memastikan puluhan ribu penduduk yang mengungsi dapat kembali. “Perang habis-habisan dengan Hizbullah, khususnya dengan Iran, bukanlah cara untuk melakukan itu. Jika Anda ingin membawa orang-orang itu pulang dengan selamat dan berkelanjutan, kami yakin bahwa jalur diplomatik adalah jalan yang tepat,” kata John Kirby, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, kepada CNN pada hari Minggu.

Kirby juga mengatakan pembunuhan Nasrallah “baik untuk kawasan ini, baik untuk dunia.”

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan dalam pidatonya kepada pasukan Israel di perbatasan utara pada hari Senin bahwa serangan Israel terhadap Hizbullah belum berakhir.

“Pemusnahan Nasrallah adalah langkah yang sangat penting, tetapi itu bukan segalanya. Kami akan menggunakan semua kemampuan yang kami miliki,” kata Gallant, menurut Times of Israel. “Jika seseorang di pihak lain tidak mengerti apa arti kemampuan ini, itu semua adalah kemampuan dan Anda adalah bagian dari upaya ini.”

Hizbullah, yang memiliki puluhan ribu pejuang dan rudal jarak jauh yang mampu menghantam jauh ke wilayah Israel, adalah aktor non-negara paling kuat di dunia. Tetapi struktur komandonya telah “dimusnahkan,” kata Kirby. “Kami mengamati apa yang mereka lakukan untuk mengisi kekosongan kepemimpinan ini,” tambahnya.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0702 seconds (0.1#10.140)