Media AS: Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Tak Peduli Masalah Palestina

Minggu, 29 September 2024 - 07:10 WIB
loading...
A A A
“Bagi sebagian besar dari mereka, mereka tidak pernah benar-benar tahu banyak tentang masalah Palestina. Jadi, mereka diperkenalkan untuk pertama kalinya melalui konflik ini. Ini masalah besar. Apakah saya peduli secara pribadi dengan masalah Palestina? Saya tidak peduli, tetapi rakyat saya peduli, jadi saya perlu memastikan ini berarti.”

Seorang pejabat Saudi menggambarkan kisah percakapan ini kepada The Atlantic sebagai hal yang “tidak benar”.

Di depan umum, Mohammed bin Salman telah menyatakan bahwa Arab Saudi tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel tanpa pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

"Kerajaan tidak akan menghentikan upaya tekunnya untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," katanya dalam pidato tahunan baru-baru ini di hadapan Dewan Syura di Riyadh.

"Kami mengonfirmasi bahwa Arab Saudi tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sampai tujuan itu tercapai."

Menurut The Atlantic, sebagai imbalan atas kesepakatan normalisasi dengan Israel, Arab Saudi akan berupaya untuk mengadakan perjanjian pertahanan bersama dengan Washington.

Itu akan membutuhkan ratifikasi dari dua pertiga Senat AS, yang menurut sang putra mahkota kepada Blinken kemungkinan besar akan berada di bawah pemerintahan Biden. Itu sebagian karena persepsi bahwa kaum progresif AS mungkin mendukungnya jika Negara Palestina dibangun dalam kesepakatan itu.

Mohammed bin Salman mengatakan kepada Blinken bahwa mengejar kesepakatan normalisasi dengan Israel akan menimbulkan biaya pribadi yang besar baginya. Dia menunjuk contoh Presiden Mesir Anwar Sadat, yang dibunuh pada tahun 1981, beberapa tahun setelah menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

“Setengah dari penasihat saya mengatakan bahwa kesepakatan itu tidak sepadan dengan risikonya,” kata pemimpin de facto Saudi itu. “Saya bisa saja terbunuh karena kesepakatan ini.”

Jajak pendapat selama tahap awal perang menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen warga Saudi percaya bahwa negara-negara Arab harus memutuskan hubungan dengan Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)