Jika Hassan Nasrallah Tewas, Israel Tidak Akan Melakukan Invasi Darat ke Lebanon

Sabtu, 28 September 2024 - 17:06 WIB
loading...
Jika Hassan Nasrallah...
Israel tidak akan melakukan invasi ke Lebanon jika pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah tewas. Foto/Press TV
A A A
BEIRUT - Dengan menargetkan kepemimpinan Hizbullah dalam serangan udara besar di Beirut pada hari Jumat, Israel berharap dapat menghindari peluncuran invasi darat di Lebanon.

Serangan yang menargetkan Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah dan pejabat tinggi lainnya dalam kelompok teror yang berkumpul di pusat komando utama di pinggiran kota Dahiyeh, Beirut, ditujukan untuk menghancurkan Hizbullah, pejabat senior tersebut menjelaskan selama pengarahan dengan wartawan di sela-sela Sidang Umum PBB di New York menyusul pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di sana pada hari sebelumnya.

Pejabat tersebut mengklaim intelijen Israel telah mengungkap rencana Iran untuk mengepung Israel dan melenyapkan negara Yahudi tersebut pada tahun 2040. Namun, pemimpin Hamas Yahya Sinwar bertindak gegabah dengan memerintahkan serangan teror pada tanggal 7 Oktober sebelum proksi Iran lainnya siap.

Israel telah berupaya menangkis rencana Iran ini sejak tanggal 7 Oktober tetapi memahami bahwa Nasrallah adalah "titik tumpu" yang tidak dapat diabaikan.

Nasrallah telah memimpin Hizbullah selama 32 tahun, dan sejak 7 Oktober telah mengarahkan serangan lintas batas kelompok teror itu hampir setiap hari terhadap Israel yang telah memaksa puluhan ribu warga sipil mengungsi dari kota-kota perbatasan.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan: "Kita tidak akan bisa bertahan hidup jika kita tidak menghentikan ini dan membalikkannya," katanya, merujuk pada ancaman terhadap Israel dari milisi yang didukung Iran di wilayah tersebut.

"Tidak mungkin untuk membalikkannya tanpa perang umum. Itulah asumsinya — perang umum dengan Hizbullah, yang memerlukan kemungkinan perang yang lebih luas dengan Iran,” duganya, dilansir Times of Israel.

“Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menyingkirkannya. Jika Anda menyingkirkannya, Anda tidak hanya menetralkan front itu — karena tidak ada yang lain yang bisa — tetapi Anda juga menghancurkan poros utama. Anda menghancurkan poros utama,” klaim pejabat senior Israel itu.



Nasrallah menjadi sekretaris jenderal Hizbullah pada tahun 1992 di usianya yang baru 35 tahun, wajah publik dari kelompok yang dulunya samar yang didirikan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran pada tahun 1982 untuk melawan pasukan Israel yang saat itu menduduki Lebanon selatan.

Israel membunuh pendahulu Nasrallah, Sayyed Abbas al-Musawi, dalam serangan helikopter.

Pejabat itu membela tindakan Israel ketika ditanya mengapa membunuh Nasrallah akan mengubah ancaman dari Hizbullah ketika pembunuhan sebelumnya terhadap para pemimpin teror tidak melumpuhkan organisasi mereka.

“Saya pikir itu berbeda,” kata pejabat itu. “Dalam banyak hal, ia menjaga hal ini tetap fokus, hidup, dan berjalan.”

“Beberapa orang tidak tergantikan. Itu terjadi. Beberapa orang tidak memiliki pengganti. Itu salah satu kasusnya, tidak diragukan lagi,” kata pejabat itu.

“Sekitar 10 hari yang lalu atau dua minggu yang lalu, kabinet membuat keputusan bahwa kita tidak dapat menerima – setelah setahun – orang Israel yang pada dasarnya adalah pengungsi di tanah mereka sendiri,” kata pejabat itu.

“Jadi, kami menambahkan tujuan perang formal untuk membawa orang-orang kami kembali, untuk melemahkan kekuatan Hizbullah, untuk dapat mendorong mereka kembali dari perbatasan, untuk menghancurkan infrastruktur di sepanjang perbatasan, untuk mengubah keseimbangan kekuatan.”

Israel telah mengintensifkan serangannya terhadap Hizbullah dalam beberapa hari terakhir untuk memastikan bahwa kelompok teror itu tidak membuat preseden dengan memaksa puluhan ribu warga Israel mengungsi dari rumah mereka untuk jangka waktu yang lama, kata pejabat itu.

Ia menambahkan bahwa Israel kini memiliki momentum melawan Hizbullah dan harus terus bertindak tegas untuk memanfaatkan keuntungan baru-baru ini.

Sementara penilaian keamanan awal Israel mengindikasikan bahwa Nasrallah tidak selamat dari serangan hari Jumat, pejabat senior tersebut mengatakan Israel mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu untuk mengonfirmasi kematiannya.

"Saya pikir masih terlalu dini untuk mengatakannya, tetapi, Anda tahu, ini masalah waktu. Terkadang mereka menyembunyikan fakta ketika kami berhasil," kata pejabat tersebut kepada wartawan.

"Tentu saja jika dia masih hidup, Anda akan segera mengetahuinya. Jika dia meninggal, mungkin perlu waktu," tambahnya.

Ketika ditanya apakah Israel sekarang akan mempertimbangkan gencatan senjata di Lebanon setelah serangan hari Jumat, pejabat senior tersebut tidak berkomitmen.

Pada hari Kamis, Israel mengabaikan upaya yang dipimpin AS untuk menerapkan gencatan senjata selama 21 hari.

"Kita sudah lebih maju dari sebelumnya, tetapi [Hizbullah] masih [memiliki] ribuan roket," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa mereka akan menganggap diri mereka lebih dekat jika Nasrallah terbunuh dalam serangan hari ini. "Namun dalam perang, ketika orang yang Anda tumbang, Anda terus bergerak."
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)