Bagaimana AS Selalu Terlibat dalam Perang Israel Melawan Hamas dan Hizbullah?

Senin, 30 September 2024 - 20:20 WIB
loading...
Bagaimana AS Selalu...
AS selalu terlibat dalam perang Israel melawan Hamas dan Hizbullah. Foto/X
A A A
BEIRUT - Pejabat Gedung Putih mengumumkan bahwa dalam koordinasi dengan Prancis, mereka telah mengajukan rencana gencatan senjata selama 21 hari untuk Israel dan Hizbullah.

Mereka mengklaim Israel telah menerima kesepakatan tersebut dan terlibat dalam pembuatannya. Pada hari Jumat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membantah menyetujui gencatan senjata.

“Kami terus menyerang Hizbullah dengan sekuat tenaga. Kami tidak akan berhenti sampai kami mencapai semua tujuan kami,” kata perdana menteri Israel.

Sementara AS memainkan peran sebagai mediator yang tidak memihak dalam perang Israel-Gaza dan Israel-Lebanon, kata-kata tidak dapat menyembunyikan miliaran bantuan dan tindakan militer untuk mendukung Israel.

Bagaimana AS Selalu Terlibat dalam Perang Melawan Israel Melawan Hamas dan Hizbullah?

1. AS Menetapkan Hizbullah dan Hamas sebagai Organisasi Teroris

Dunia tahu AS terlibat. Namun, kebijakan lama pemerintah AS adalah bahwa Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon harus–sebagai organisasi teroris yang ditetapkan secara resmi–dihancurkan.

“Orang Amerika ingin menyingkirkan Hizbullah dan Hamas bahkan sebelum [tindakan terbaru oleh] Israel. Mereka lebih bersemangat untuk melanjutkan perang melawan Hizbullah ini,” jelas koresponden perang veteran Elijah Magnier di Fault Lines Radio Sputnik. Dia mencatat bahwa Presiden AS Joe Biden pernah menyebut invasi Rafah sebagai “garis merah” yang tidak dapat dilintasi oleh Israel.

Pada bulan Mei, Israel melewati garis merah Biden dan menyerbu Rafah, menghancurkannya menjadi puing-puing pada bulan Juli. AS tidak menghentikan bantuan atau penjualan senjata ke Israel dan, pada hari Kamis, Israel mengumumkan telah mengamankan tambahan bantuan sebesar $8,7 miliar dari AS.

2. AS Menekan Mesir dan Negara Arab Lainnya

“Lalu siapa yang menekan Mesir untuk mengizinkan kehadiran pasukan Israel [di Koridor Philadelphia] yang melanggar perjanjian damai 1978, Perjanjian Camp David, dan perjanjian tambahan 2005?” tanya Magnier.

“Itu adalah Amerika Serikat, bukan Israel… Inilah sebabnya kita melihat keterlibatan Amerika [hingga] ke tulang-tulangnya.” Pada hari Selasa, Biden menyampaikan pidato di PBB, di mana ia menggambarkan Hamas sebagai "teroris" dan kembali menuduh mereka melakukan "tindakan kekerasan seksual yang tercela" meskipun banyak laporan yang membantah klaim kekerasan seksual yang digunakan sebagai senjata perang pada tanggal 7 Oktober.

"Bersama-sama, kita harus menolak oksigen bagi teroris - bagi proksi teroris [Iran]," Biden menambahkan kemudian, sekali lagi menegaskan sikap tegas AS di pihak Israel. "Dengarkan apa yang dikatakan Biden," perintah Magnier. "Ia mengatakan bahwa ia melakukan yang terbaik untuk menghentikan perang di Lebanon.

Ketika Netanyahu berkata 'tidak, terima kasih,' apakah kita berpikir bahwa Netanyahu memiliki keberanian untuk menentang negara yang mendukungnya?" Meskipun ada kesamaan di awal: pemboman massal terhadap target sipil dan klaim tidak rasional atas benteng militan di tempat yang paling tidak mungkin, Israel tidak akan menganggap perang di Lebanon dapat dikelola seperti Gaza.

“Hizbullah tidak dapat menyerang [Israel] dengan intensitas yang sama persis karena tidak memiliki angkatan udara. Israel memiliki angkatan udara dan mereka memiliki ratusan jet” yang dapat menyerang Lebanon secara bergiliran, 24 jam sehari, jelas Magnier.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)