Pertama Kali, Korea Selatan akan Kerahkan Tank dan Artileri untuk Latihan Luar Negeri

Selasa, 24 September 2024 - 20:30 WIB
loading...
Pertama Kali, Korea...
Tank K2 Black Panther milik militer Korea Selatan. Foto/kedglobal.com
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) akan, untuk pertama kalinya, mengerahkan tank dan artileri untuk latihan luar negeri dalam latihan gabungan di Qatar bulan depan.

Kantor berita Yonhap melaporkan hal itu pada Senin (23/9/2024), mengutip pejabat militer Korsel.

“Seoul akan mengirim 100 tentara, empat tank K2 Black Panther, dan empat howitzer K9A1 Thunder ke latihan tersebut,” ungkap pejabat militer itu.

Pejabat itu menambahkan latihan tersebut akan berlangsung selama dua pekan mulai tanggal 14 Oktober di pusat pelatihan Al Qalayel Qatar.

Kedua negara diharapkan menggelar latihan tembak langsung dan pelatihan pemeliharaan peralatan, demikian bunyi laporan tersebut.

Latihan tersebut ditujukan untuk melatih pengerahan militer Seoul di lingkungan yang tidak dikenal.

“Kontingen Korea Selatan akan melakukan perjalanan ke Qatar pada Selasa dengan menaiki kapal pendarat Cheon Wang Bong dan Nojeokbong, dengan yang terakhir telah menjadwalkan latihan angkatan laut di perairan Doha,” ungkap pernyataan militer Korea Selatan.

Latihan angkatan laut tersebut akan meliputi pembongkaran peralatan, manuver maritim, serta lepas landas dan mendaratkan helikopter dari dek ke dek.

Latihan tersebut dilakukan setelah Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik dan Menhan Qatar Khalid bin Mohamed Al Attiyah menandatangani nota kesepahaman pada Februari, yang menyepakati peningkatan kerja sama di sektor pertahanan.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)