Inilah 3 Badan Intelijen Israel dan Fungsinya: Aman, Shin Bet, Mossad

Senin, 23 September 2024 - 13:42 WIB
loading...
Inilah 3 Badan Intelijen...
Mossad, salah satu dari tiga badan intelijen utama Israel. Foto/Wikimedia Commons
A A A
JAKARTA - Israel memiliki tiga badan intelijen utama yang berperan krusial dalam menjaga keamanan negara Yahudi tersebut. Ketiganya adalah Aman, Shin Bet, dan Mossad.

Masing-masing dari mereka memiliki fungsi, area operasi, dan pemimpin yang berbeda. Namun, peran mereka saling melengkapi dalam struktur keamanan nasional Israel.

Tiga Badan Intelijen Israel

1. Aman (Agaf HaModi'in)


Agaf HaModi'in atau Aman adalah badan intelijen militer Israel yang berfokus pada pengumpulan dan analisis informasi terkait ancaman keamanan dari luar negeri.



Aman bertanggung jawab untuk memberikan intelijen strategis kepada Pasukan Pertahanan Israel (IDF), termasuk informasi tentang musuh, potensi konflik, dan situasi di negara-negara tetangga.

Aman beroperasi di berbagai wilayah di luar Israel, terutama di negara-negara yang dianggap sebagai ancaman. Mereka juga terlibat dalam pengawasan situasi keamanan regional dan global.

Pemimpin Aman saat ini adalah Mayor Jenderal Itai Veruv. Dia menggantikan Mayor Jenderal Aharon Haliva yang mengundurkan diri pada April lalu karena merasa gagal dalam tugasnya setelah serangan Hamas 7 Oktober 2023.

2. Shin Bet (Shabak)


Shin Bet atau Shabak adalah badan intelijen dalam negeri Israel yang bertanggung jawab atas keamanan internal dan kontra-terorisme.

Tugas utama Shin Bet adalah melindungi Israel dari ancaman terorisme, spionase, dan sabotase.

Mereka juga terlibat dalam pengawasan dan penanganan aktivitas yang mengancam keamanan negara dari dalam.

Shin Bet beroperasi di seluruh wilayah Israel, termasuk wilayah Palestina yang diduduki, dan berfokus pada kegiatan intelijen domestik serta pencegahan serangan teror.

Pemimpin Shin Bet saat ini adalah Ronen Bar, yang diangkat pada 2020.

3. Mossad


Mossad leModi'in u'leTafkidim Meyuhadim (Instansi untuk Intelijen dan Tugas Khusus) atau lebih dikenal sebagai Mossad adalah badan intelijen luar negeri Israel yang bertugas mengumpulkan informasi dan melakukan operasi rahasia di luar negeri.

Mossad berfokus pada pengumpulan intelijen strategis, operasi penyelamatan, dan tindakan pencegahan terhadap ancaman eksternal.
Mereka juga terlibat dalam mempromosikan kepentingan Israel di panggung internasional.

Mossad beroperasi di seluruh dunia, terutama di negara-negara yang dianggap memiliki ancaman terhadap Israel. Mereka dikenal karena operasi-operasi rahasia yang nekat.

Pemimpin Mossad saat ini adalah David Barnea, yang menjabat sejak 2021.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)