alexametrics

Meksiko Beri Suaka pada Evo Morales, Keberadaannya Tak Diketahui

loading...
Meksiko Beri Suaka pada Evo Morales, Keberadaannya Tak Diketahui
Mantan Presiden Bolivia Evo Morales diduga bersembunyi di wilayah basis pendukungnya di provinsi Chapare, Bolivia. Foto/REUTERS
A+ A-
MEXICO CITY - Meksiko memberi suaka pada mantan Presiden Bolivia Evo Morales saat kerusuhan semakin meluas di negara Amerika Selatan itu. Langkah ini membuat Meksiko semakin memperkuat perannya sebagai benteng dukungan diplomatik untuk para pemimpin sayap kiri di Amerika Latin.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Meksiko Marcelo Ebrard menyatakan nyawa Morales terancam dan keputusan untuk memberinya suaka merupakan tradisi lama Meksiko sebagai penampungan para tokoh politik yang mengasingkan diri.

Pemerintahan Morales jatuh pada Minggu (10/11) setelah aliansi partai berkuasa mundur dan militer mendesaknya mengundurkan diri setelah pemilu yang penuh sengketa. Situasi ini memperburuk krisis di Amerika Latin yang telah mengalami beberapa pekan kerusuhan dan unjuk rasa.



Beberapa kelompok menyerang rumah Morales. Kini keberadaan Morales tak diketahui dengan pasti. Dia diduga menyelamatkan diri dengan pesawat kepresidenan menuju basis pendukungnya di provinsi Chapare.

"Nyawa dan integritasnya terancam. Kami akan segera menginformasikan Kementerian Luar Negeri Bolivia bahwa sesuai hukum internasional, mereka harus menawarkan perilaku yang aman," ungkap Ebrard, dilansir Reuters.

Meksiko telah menginformasikan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) dan akan menginformasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). OAS menyampaikan laporan pada Minggu (10/11) yang mengungkap pelanggaran serius selama pemilu Oktober di Bolivia.

Ebrard menyatakan pemerintah Meksiko menganggap kejadian di Bolivia adalah kudeta karena militer melanggar perintah konstitusi dengan menekan Morales mundur.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak