Apakah Perang Dunia III Akan Terjadi di Timur Tengah?

Senin, 16 September 2024 - 12:27 WIB
loading...
A A A
"Semakin banyak negara yang memiliki akses ke teknologi militer canggih, semakin tinggi risiko terjadinya konflik berskala besar," kata James Hamilton, seorang ekonom energi di University of California.

Iran sejauh ini berkomitmen untuk tidak membuat senjata nuklir, namun beberapa pejabat Teheran mengisyaratkan kebijakan negara Islam itu bisa berubah jika eksistensinya terancam oleh Israel.

Faktor Pencegah Perang Dunia III


Diplomasi internasional berperan penting dalam mengelola ketegangan dan mencegah eskalasi konflik.

Banyak negara dan organisasi internasional, seperti PBB dan Uni Eropa, aktif terlibat dalam upaya mediasi dan penyelesaian konflik.

"Meskipun konflik lokal bisa intens, komunitas internasional memiliki berbagai mekanisme untuk mencegah terjadinya konflik berskala besar," kata Richard Haass, Presiden Council on Foreign Relations.

Kemajuan teknologi pertahanan dan sistem deteksi dini juga membantu mencegah konflik berskala besar.

"Teknologi pertahanan modern dan sistem pertahanan rudal seperti Iron Dome Israel berfungsi untuk mencegah dampak dari serangan yang bisa memperburuk situasi," ujar Michael O'Hanlon, seorang analis di Brookings Institution.

Pakar lain mengatakan kesadaran global akan potensi bencana besar yang disebabkan oleh Perang Dunia III juga bertindak sebagai pencegah.

“Semua pihak besar memahami bahwa terlibat dalam konflik global akan membawa konsekuensi yang sangat serius, baik secara ekonomi maupun kemanusiaan," kata Anne-Marie Slaughter, mantan Direktur Perencanaan Kebijakan di Departemen Luar Negeri AS.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)